Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Beras, Telur dan Bawang di Makassar Mulai Naik

Kenaikan harga mulai terjadi sejak awal bulan ini. Beras medium saat ini berada di harga Rp10.000 per kg, naik Rp1.000 dibanding sebelumnya.
Salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Pabaeng-baeng Makassar, Intang tengah berjaga di kiosnya./Bisnis-Nugroho Nafika Kassa.
Salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Pabaeng-baeng Makassar, Intang tengah berjaga di kiosnya./Bisnis-Nugroho Nafika Kassa.

Bisnis.com, MAKASSAR - Harga sejumlah bahan pokok di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai naik menjelang Ramadan, utamanya beras, telur ayam ras, dan bawang putih. Para pedagang di sejumlah pasar tradisional mengatakan kenaikan ini mulai terjadi sejak awal Maret 2023.

Salah satu pedagang di Pasar Pa'baeng-baeng, Intang mengatakan harga beras telah naik sejak awal bulan ini, baik beras medium maupun beras premium. Untuk beras medium saat ini berada di harga Rp10.000 per kg, naik Rp1.000 dibanding sebelumnya yang hanya Rp9.000 per kg.

Sementara beras premium, saat ini dijual dengan harga Rp12.000 per kg, dimana sebelumnya hanya Rp11.000 per kg. Telur ayam ras yang dijualnya juga mengalami kenaikan harga. Bulan lalu dia menjual telur tersebut dengan harga Rp50.000 perrak, sementara saat ini telah naik Rp5.000 atau mencapai Rp55.000 perrak.

Bahan kebutuhan lain yang mengalami kenaikan adalah bawang putih. Di mana pada bulan lalu harga komoditas ini hanya Rp25.000 per kg, saat ini naik Rp3.000 atau menjadi Rp28.000 per kg.

Dia menambahkan, kenaikan harga ketiga komoditas ini memang kerap terjadi saat akan memasuki Ramadan. Pemicunya adalah permintaan yang begitu meningkat, namun stoknya tetap.

"Harga naik memang biasa terjadi kalau mau puasa, kan banyak sekali sekarang yang mau belanja, tapi barangnya kita tetap seperti itu (tidak ada penambahan), jadi naik (harganya)," ungkapnya kepada Bisnis, Kamis (16/3/2023).

Pedagang lainnya di pasar tersebut, Taqwin juga mengakui adanya beberapa kenaikan harga bahan pokok yang dijualnya. Seperti beras medium dan premium yang naik Rp1.000 per kg.

"Iya naik harganya bulan ini. Bulan lalu saya masih jual Rp9.000 beras medium, sekarang jadi Rp10.000. Beras premium juga sama naik jadi Rp12.000 yang sebelumnya cuma Rp11.000," paparnya.

Sementara telur ayam ras yang bulan lalu masih dijualnya dengan harga Rp52.000 perrak, sekarang naik menjadi Rp55.000 perrak. Bawang putih juga sama, naik menjadi Rp27.000 per kg, dari yang sebelumnya hanya Rp24.000.

Di pasar tradisional lainnya, Pasar Panampu, harga beras lebih tinggi lagi. Salah satu pedagang, Muslim mengatakan beras premium di tempatnya saat ini dijual dengan harga Rp13.000 per kg, naik dibanding bulan lalu yang hanya Rp11.500 per kg.

Harga telur ayam ras juga naik, saat ini tercatat mencapai Rp55.000 perrak, padahal sebelumnya hanya Rp48.000 perrak.

"Naik memang biasa kalau mau puasa, banyak yang cari beras sama telur. Kita juga mengikuti harga dari distributor, mereka naikkan ya kita juga harus menyesuaikan," ungkapnya.

Meskipun begitu, harga bawang merah di Pasar Panampu dikatakannya justru turun. Saat ini harga bawang merah tercatat hanya Rp20.000 per kg, sebelumnya mencapai Rp31.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler