Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ngeri! Ini Foto-foto Dampak Gempa Maluku 7,9 M

Gempa di Maluku memiliki guncangan yang sangat kuat dengan durasi tiga sampai lima menit.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 10 Januari 2023  |  16:17 WIB
Ngeri! Ini Foto-foto Dampak Gempa Maluku 7,9 M
Gempa bumi magnitudo 7,9 di Maluku Tenggara Barat - bmkg.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa berskala 7,9 magnitudo yang mengguncang Maluku pada Selasa (10/1/2023) pukul 00.47 WIB dini hari. Titik gempa terjadi di 7.25 LS, 130.18 BT, Adapun lokasi gempa berada di 148 km barat laut Maluku Tenggara Barat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan bahwa gempa yang terjadi ini sangat kuat dengan durasi tiga sampai lima menit. Akibatnya, masyarakat menjadi panik dan segera berhamburan ke luar rumah untuk berlindung.

“Warga setempat merasakan getaran kuat selama tiga hingga lima detik. Terjadi kepanikan saat gempa mengguncang sehingga warga meninggalkan rumah mereka,” Abdul Muhari, dikutip dari laman BNPB pada Selasa (10/1/2023).

Dilansir dari unggahan TikTok milik Christo Hallatu pada Selasa (10/1/2023), terlihat rekaman CCTV dari sebuah supermarket saat terjadinya gempa. Di video tersebut nampak gempa mengguncang bangunan dengan sangat kencang. Akibatnya, lemari-lemari yang dipajang di supermarket terombang-ambing hingga menjatuhkan barang-barang yang disusun, seperti halnya botol minuman.

Simak dampak dari gempa Maluku 7,9 M berikut:

1. Hancurkan tempat tinggal dan fasilitas umum

Dilansir dari laman BNPB pada Selasa (10/1/2023) dilaporkan adanya 15 rumah warga Kepulauan Tanimbar yang mengalami kerusakan. Dari 15 rumah ini, tercatat 1 rumah mengalami rusak berat, 3 rusak sedang dan sisanya masih dilakukan peninjauan tingkat kerusakan.  Tak hanya rumah warga, fasilitas pendidikan SMP Kristen Saumlaki dan SMA Negeri 1 Saumlaki, Tanimbar Selatan, juga mengalami kerusakan setelah diterjang gempa.

Salah satu akun Twitter milik Mister Sastra melaporkan dampak gempa Maluku yang menyebabkan ambruknya bangunan rumah di Kepulauan Tanimbar. Terlihat bagaimana separuh dinding pemukiman warga yang hancur.

Selain itu, terdapat pula gambar warga yang sedang berada diantara puing-puing reruntuhan dari rumahnya yang ambruk akibat diguncang gempa magnitudo 7,9 dini hari.

"Teman-teman kita di Kepulauan Tanimbar, Saumlaki dan sekitarnya saat ini butuh pertolongan," tulis @mistersastra dalam cuitan Twitternya dikutip pada Selasa (10/1/2023).

Tak hanya itu, salah satu wilayah yang terdampak gempa berkekuatan 7,9M adalah Desa Watuwei, Kecamatan Dawelor, Maluku Barat.

2. Terasa sampai Australia

Lebih dari 1.000 penduduk di Australia utara, termasuk di kota Darwin, melaporkan kepada Geoscience Australia bahwa mereka turut merasakan gempa Maluku. Selain itu, Pusat Peringatan Tsunami Australia mengatakan bahwa gempa itu tidak menimbulkan ancaman tsunami ke daratan atau pulau atau wilayah mana pun.

Dilansir dari 9news pada Selasa (10/1/2023) berdasarkan keterangan dari penduduk Darwin, getaran yang dirasakan saat gempa berlangsung sekitar dua menit.

"Saya rasa ini adalah gempa yang terburuk yang pernah saya rasakan. Saat goncangan terjadi dan kemudian goncangan menjadi semakin buruk hingga terlihat agak keras," sebut penduduk lama Darwin, Trevor Power.

Lebih lanjut, Trevor mengatakan bahwa meskipun rumahnya dibangun secara khusus untuk menahan angin topan. Ketika diguncang gempa ini, dia merasakan rumahnya bergetar sangat hebat.

gempa

Kondisi rumah yang hancur akibat gempa di Maluku/Twitter

"Itu berguncang sampai Anda benar-benar bisa mendengar jendela mulai bergerak di dalamnya dan mengalir ke titik di mana kami seperti nah, ini yang terburuk yang pernah kami rasakan."

Tak hanya itu, Penyanyi Australia Vassy juga ikut menceritakan pengalamannya yang terkena gempa melalui cuitannya di Twitter. Dia mengatakan bahwa dia sangat panik saat gempa mengguncang kediamannya.

“Kami segera berlari keluar rumah di tengah malam. Saya tidak pernah mengalami gempa yang berlangsung selama itu dan terasa begitu kuat. Itu agak menakutkan, membangunkan kami di tengah malam, ” sebut Vassy dikutip dari Twitter, Selasa (10/1/2023).

3. Sempat berpotensi tsunami

Gempa Maluku sempat membuat BMKG mengeluarkan peringatan potensi tsunami dan peringatan ini telah berakhir setelah tiga jam pasca gempa, yakni pada pukul 03.43 WIB. Setelah mencabut peringatan tsunami, Kepala BMKG Dwikorita Karnavati mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk kembali beraktivitas seperti semula.

“Mengingat peringatan dini tsunami telah berakhir masyarakat di wilayah pesisir akan terdorong untuk kembali beraktivitas seperti biasa,” ujar Dwikorita.

gempa maluku

4. Akses Jalan Kolonakaf terputus

Jalan raya Kolonakaf di Desa Napi, Kecamatan Kie, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT amblas akibat gempa yang terjadi di Malu Selasa (10/1/2023) dini hari.

Melansir unggahan TikTok @Gondrong002, terlihat separuh jalan Kolonakaf amblas. Akibatnya, akses jalan ini tidak dapat digunakan dilalui oleh kendaraan. 

"Gempa bumi, jalan di Kie Oenlasi TTS hancur," sebut @cangsaijuna, dikutip dari unggahan TikToknya pada Selasa (10/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG gempa tsunami bnpb
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top