Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Sulawesi Selatan pada 3-9 Januari 2023

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 3-9 Januari 2023.
Taufan Bara Mukti
Taufan Bara Mukti - Bisnis.com 03 Januari 2023  |  15:46 WIB
BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Sulawesi Selatan pada 3-9 Januari 2023
Perahu nelayan di tengah laut. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 3-9 Januari 2023.

Dalam peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, wilayah Sulsel terancam mengalami cuaca ekstrem.

Penyebabnya, dinamika atmosfer menunjukkan indikasi adanya potensi peningkatan curah hujan di Sulsel.

Ex-Siklon tropis Ellie terpantau masih berada di Australia bagian barat mampu meningkatkan kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di sepanjang daerah menuju pusat tekanan.

"Terdapat juga pertemuan arus angin atau konvergensi di sekitar wilayah Sulsel hal itu yang menyebabkan pertumbuhan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan hujan sehingga ada kelembaban udara yang tinggi," ujar Irwan Slamet, Kepala BMKG Wilayah IV, dalam rilis BMKG IV, Senin malam (2/1/2023).

Cuaca ekstrem itu diperkirakan melanda wilayah Sulsel bagian barat meliputi Pare-pare, Barru, Pangkep dan Kepulauan Maros, Makassar, Takalar. Kemudian Sulsel bagian Selatan, yaitu Jeneponto dan Bantaeng.

"Hujan intensitas lebat itu terjadi terjadi di wilayah Sulsel bagian barat, bagian tengah dan bagian selatan. Dan disertai angin kencang di bagian barat dan selatan," kata Irwan.

BMKG juga memprediksi adanya gelombang tinggi di perairan sekitar Sulsel dengan ketinggian antara 1,25 hingga 2,5 meter.

Gelombang laut yang tinggi hingga 4 meter juga diperkirakan terjadi di Selat Makassar bagian selatan.

Irwan menambahkan, masyarakat sekitar Sulsel diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana hidrometeorologi.

"Dampak tersebut antara lain genangan/banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan keterlambatan jadwal penerbangan/pelayaran," ucap Irwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG sulawesi selatan cuaca ekstrem
Editor : Taufan Bara Mukti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top