Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Bandara Hasanuddin Diproyeksi Meningkat 11 Persen saat Nataru

Puncak arus mudik Natal diproyeksi terjadi pada 23 Desember 2022 dan puncak arus balik Tahun Baru 2023 pada 3 Januari 2023.
Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Trafik penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin selama rangkaian Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru 2022/2023) diproyeksi meningkat 11 persen dibandingkan tahun lalu atau mencapai kurang lebih 30.000 penumpang tiap harinya.

General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Wahyudi mengatakan, peningkatan bisa terjadi karena adanya pelonggaran protokol kesehatan di bandara selama Nataru kali ini.

“Karena kan sudah mulai pelonggaran protokol kesehatan, kemungkinan peningkatannya bisa sampai 11 persen. Walaupun begitu kita tetap anjurkan penumpang menggunakan masker dan hand sanitizer,” ungkapnya, Selasa (20/12/2022).

Dia memprediksi, puncak arus mudik Natal akan terjadi pada 23 Desember 2022 atau H-2 dan puncak arus balik Tahun Baru 2023 terjadi pada 3 Januari 2023.

Apabila terjadi lonjakan jumlah penumpang melebihi prediksi, pihaknya juga telah menyiapkan slot time untuk penerbangan tambahan apabila maskapai membutuhkan.

PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin juga telah membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru 2022/2023 hingga 3 Januari 2023 mendatang. Posko yang berlokasi di area keberangkatan ini dibentuk dengan tujuan untuk mengawasi pergerakan arus pesawat, penumpang dan kargo.

“Posko didirikan untuk memastikan operasional bandara berjalan dengan baik, memberikan pelayanan informasi, keamanan, dan kesehatan bagi pengguna jasa bandara. Protokol kesehatan tetap diterapkan,” ujarnya.

Guna meningkatkan pelayanan, pihak bandara akan memastikan sarana dan prasarana berfungsi dengan baik dan menyiapkan rencana untuk mengantisipasi kemungkinan adanya insiden.

Dari segi keamanan, Wahyudi mengatakan telah bekerjasama dengan TNI dan Kepolisian untuk turut serta menjaga dan membantu meningkatkan keamanan selama periode Nataru.

Bandara juga memanfaatkan teknologi terpadu melalui Airport Operation Control Center (AOCC) sebagai pusat pantauan keamanan melalui CCTV, dan pantauan pergerakan secara keseluruhan.

Sementara dari segi pelayanan kesehatan, akan ada petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar yang akan bertugas di bandara.

"Bagi penumpang yang akan bepergian namun belum melakukan vaksin ketiga (booster), dapat mendapatkan vaksinasi di area keberangkatan, beroperasi setiap hari pukul 08.00 - 15.00 Wita," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper