Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PLN UID Sulselrabar Sabet Dua Penghargaan Forum Niaga PT PLN

PLN UID Sulselrabar meraih penghargaan kategori peningkatan penjualan terbaik ketiga dan pencapaian penggunaan SwaCAM terbaik kedua berdasarkan populasi.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 19 Desember 2022  |  10:11 WIB
PLN UID Sulselrabar Sabet Dua Penghargaan Forum Niaga PT PLN
Foto: PLN UID Sulselrabar Sabet Dua Penghargaan Forum Niaga PT PLN
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - PT PLN (Persero) Unit Induk Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawedi Barat (UID Sulselrabar) meraih penghargaan dalam Forum Niaga PT PLN (Persero) di penghujung tahun 2022. Kali ini PLN UID Sulselrabar meraih penghargaan kategori peningkatan penjualan terbaik ketiga dan pencapaian penggunaan SwaCAM terbaik kedua berdasarkan populasi.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero) Edi Srimulyanti kepada General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin. Dalam penghargaan ini, PLN UID Sulselrabar dinilai telah berhasil meningkatkan penjualan dan pemanfaatan fitur Catat Meter Mandiri/SwaCAM dalam aplikasi PLN Mobile dalam implementasi dan pemanfaatan teknologi digital sehingga memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

Andy menjelaskan sebagai salah satu indikator penting penggerak roda ekonomi, PLN UID Sulselrabar mencatatkan penjualan listrik yang meningkat. Terhitung hingga November 2022, realisasi konsumsi listrik mencapai 8.696 Giga Watt hour (GWh) atau tumbuh 17,47% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini terutama dihasilkan dari konsumsi listrik golongan pelanggan industri besar.

"Penjualan yang tumbuh ini merupakan kabar baik, karena sektor industri tentu memberikan efek domino bagi sektor lain yang akan tumbuh," tutur Andy.

Di sisi lain pertumbuhan penjualan juga sejalan dengan penambahan pelanggan. Dari Bulan Januari 2022 sampai dengan Bulan November 2022 terjadi penambahan sebanyak 148.906 pelanggan, sehingga total pelanggan PLN UID Sulselrabar saat ini sebanyak 3.688.754 pelanggan.

"Kami juga menargetkan di tahun 2023, akan ada tambahan dua pelanggan industri dengan daya total 110 MVA," tambahnya.

Selain itu guna meningkatkan layanan dan mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan kelistrikan PLN menyediakan aplikasi PLN Mobile yang merupakan bagian dari transformasi dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Saat ini, PLN Mobile memiliki beberapa fitur utama, yaitu pembelian token bagi pelanggan pra bayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan paska bayar, monitor penggunaan listrik dan pembelian token. PLN Mobile juga menyajikan layanan catat meter mandiri atau swaCAM untuk memudahkan pelanggan.

"PLN Mobile merupakan superapps yang menyediakan berbagai fasilitas untuk memudahkan pelanggan. Ini menjadi bukti keseriusan kami dalam meningkatkan pelayanan ke pelanggan," ujar Andy.

Andy mencatat sampai dengan pertengahan Desember 2022, total pengguna aplikasi PLN Mobile dalam wilayah kerja PLN UID Sulselrabar sebanyak 660.898 pengguna. "Hal ini merupakan bukti bahwa kehadiran PLN Mobile sebagai platform digital unggulan berhasil memenuhi ekspektasi pelanggan," tutup Andy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN aplikasi energi
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top