Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Songkok Bone Raih Penghargaan Asia Pasifik

Penghargaan teraebut adalah World Crafts Council (WCC) Award of Excellence For Handicraft of Asia Pasific Region 2022
Songkok Bone dan penghargaan yang diraih/Pemprov Sulsel
Songkok Bone dan penghargaan yang diraih/Pemprov Sulsel

Bisnis.com, MAKASSAR — Salah satu kerajinan tangan UMKM khas Sulawesi Selatan (Sulsel), Songkok Bone menerima penghargaan World Crafts Council (WCC) Award of Excellence For Handicraft of Asia Pasific Region 2022.

Penerimaan Sertifikat penghargaan ini diserahkan pada pembukaan Pameran Kriya Nusa oleh Iriana Joko Widodo di Prefunction Hall A - JCC, Jakarta pada Rabu (21/9/2022).

Ketua Dekranasda Sulsel Naoemi Octarina mengaku bangga salah satu produk kerajian tangan Sulsel berhasil mendapat pengakuan se-Asia Pasifik. Dia berharap ke depannya akan ada lagi produk lainnya yang menyusul dari Sulsel.

"Semoga pengakuan ini menjadi pemantik semangat bagi daerah lain di Sulsel itu terus mengembangkan produknya," ujarnya melalui siaran pers.

Ketua Dekranasda Bone Kurniaty A Fahsar menerangkan, saat ini inovasi atas produk Songkok Bone sangat bervariasi. Warna dan corak dibuat beragam menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Sekarang itu lebih halus. Lain lagi kalau bahannya dari emas, ini saja bukan emas tetapi ala emas dan berhasil membanggakan kita semua," ungkapnya.

Songkok Bone atau Songkok Recca atau Songkok Bugis sendiri merupakan identitas atau jati diri bagi para cendekiawan dan bangsawan kerajaan Bone.

Songkok ini sudah menjadi warisan budaya tak benda Indonesia. Bahannya urecca berasal dari kata ure'ta, yang berarti lontara. Lontara itu ilmu pengetahuan.

Songkok ini awalnya hanya digunakan para cendekiawan yang disebut anre guru saat itu. Pada 1931. Namun kini Songkok Bone sudah menjadi identitas orang Bugis, termasuk menjadi kebanggaan orang Bugis Makassar di perantauan.

Sementara Diketahui WCC Award merupakan penghargaan yang diberikan sebagai apresiasi kepada para perajin di South East Asia, South Asia, South Pacific, dan West Asia atas hasil-hasil karya kerajinan yang telah diciptakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper