Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Bangun Delapan SPKLU Baru di Sulawesi Hingga 2023

Empat SPKLU sedang dibangun tahun ini, empat lagi akan dibangun pada 2023
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 16 September 2022  |  11:57 WIB
PLN Bangun Delapan SPKLU Baru di Sulawesi Hingga 2023
SPKLU PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan (50kW). - PLN
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR — PLN akan kembali membangun empat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Sulawesi tahun ini. Kemudian akan ada tambahan pembangunan empat SPKLU lagi di 2023.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan bernagai pembangunan tersebut demi mengakselerasi tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik di Sulawesi.

Keempat SPKLU yang akan dibangun tahun ini antara lain terletak di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Kota Palopo, Tomoni, dan Kabupaten Kolaka Utara. "Keempat SPKLU ini saat ini sedang dalam tahap pembangunan," ungkap Andy, Kamis (15/9/2022).

Sementara di 2023, PLN menargetkan akan menambah SPKLU di Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Bone, Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Konawe Utara. "Pembangunan ini guna mengintegrasikan fasilitas charging mobil listrik di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat," tambahnya.

Diketahui saat ini PLN telah mengoperasikan empat SPKLU dan fasilitas pengisian serta penukaran baterai motor listrik di Sulawesi.

Antara lain SPKLU PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan (50kW), SPKLU PLN ULP Mattoanging berkapasitas 25 kW + 7 kW Kota Makassar, SPKLU PLN ULP WuaWua berkapasitas 2×25 kW di Kota Kendari, dan SPKLU PLN UP3 Parepare berkapasitas 2x25 kW.

PLN juga telah menyediakan 331 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di beberapa titik fasilitas umum Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat guna memudahkan masyarakat mengisi daya baterai sepeda motor listrik maupun peralatan listrik lainnya.

Tidak hanya itu, guna melayani motor listrik yang menggunakan baterai, PLN telah memfasilitasi penyediaan listrik bagi 36 Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di kantor PLN maupun mini market di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Antara lain di Kantor PLN UIW Sulselrabar (2 unit), Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sunggumanasa, Kantor PLN ULP Mattoanging, Kantor PLN ULP Karebosi, Kantor PLN ULP Daya, dan Kantor PLN ULP Maros.

Selain meningkatkan infrastruktur, Andy juga memastikan bahwa upaya PLN mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik melalui Promo Super Everyday bagi pemilik mobil listrik yang ingin malakukan penyambungan baru (PB) untuk pengisian daya di rumah atau home charging.

Promo Super Everyday dapat diikuti oleh semua golongan tarif pelanggan PLN, dengan rincian pelanggan tegangan rendah (TR) 1 Fasa sampai dengan daya 7.700 VA dan Pelanggan TR 3 Fasa sampai dengan daya 13.200 VA.

Adapun pemberian harga spesial bagi pelanggan 1 Fasa hanya membayar Rp850.000 dengan pilihan daya akhir 7.700 VA, sementara pelanggan 3 Fasa hanya membayar Rp3,5 juta dengan pilihan daya akhir 13.200 VA.

"Tidak hanya itu, pelanggan PLN juga akan mendapatkan diskon tarif tenaga listrik sebesar 30 persen pada pukul 22.00 - 05.00 atas pemakaian dari home chargingnya," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kendaraan Listrik makassar PLN
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top