PLN Operasikan SPKLU Parepare, Jadi Stasiun Ketiga di Sulsel

SPKLU ini memiliki teknologi Fast Charging dengan kapasitas 30 kW dan 25 kW.
SPKLU Parepare yang terletak di kantor PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Parepare Jl. Veteran No. 32 Kota Parepare, Sulawesi Selatan/PLN
SPKLU Parepare yang terletak di kantor PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Parepare Jl. Veteran No. 32 Kota Parepare, Sulawesi Selatan/PLN

Bisnis.com, MAKASSAR - PLN telah mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). SPKLU ini menjadi yang ketiga di Sulsel, setelah dua SPKLU lain hadir di Makassar.

SPKLU Parepare telah melaksanakan commissioning atau uji coba pada 8 Maret 2022. SPKLU ini terletak di kantor PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Parepare Jl. Veteran No. 32 Kota Parepare.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) Awaluddin Hafid merinci SPKLU ini memiliki teknologi Fast Charging dengan kapasitas 30 kiloWatt (kW) dan 25 kW.

"SPKLU ini berada di pusat Kota Parepare, lokasinya strategis, serta berada di jalan trans Sulawesi jika ingin bepergian ke kota lain," tandas Awaluddin, Minggu (7/8/2022).

Selain menjadi SPKLU ketiga di Sulsel, SPKLU Parepare juga menjadi SPKLU keempat yang beroperasi di wilayah kerja PLN UIW Sulselrabar. Antara lain SPKLU PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan (50kW), SPKLU PLN ULP Mattoanging (25 kW) di Kota Makassar, SPKLU PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) WuaWua (2x25 kW) di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, dan SPKLU PLN UP3 Parepare (25 kW dan 30kW) di Kota Parepare.

Awaluddin optimis, hadirnya SPKLU PLN UP3 Parepare akan membuat pengguna kendaraan listrik di Kota Parepare dan sekitarnya semakin meningkat.

"Kami mengajak dan membuka peluang seluas-luasnya bagi seluruh pihak atau badan usaha untuk dapat berkolaborasi bersama atau menjadi partner kami dalam penyediaan SPKLU berbasis model bisnis sharing economy," seru Awaluddin.

Dia menambahkan selain membantu instalasi perangkat home charging, PLN juga memberikan insentif untuk lebih menarik pelanggan. Di antaranya memberikan diskon tarif listrik sebesar 30 persen kepada pemilik kendaraan listrik yang melakukan pengisian daya baterai mobil listrik melalui fasilitas home charging pada pukul 22.00 hingga 05.00 WIB.

Saat ini, PLN menghadirkan promo harga spesial biaya pasang baru untuk pemilik kendaraan listrik baru selama periode Maret 2022 sampai 31 Desember 2023 melalui Promo Super EVeryday.

Melalui promo ini, pelanggan yang memiliki kendaraan listrik dan home charging akan mendapat harga spesial sebesar Rp850.000 untuk biaya penyambungan baru daya 7.700 VA (1 fasa), atau untuk penyambungan daya 13.200 VA (3 fasa) hanya membayar sebesar Rp3,5 juta.

“Kami siap mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Dimanapun SPKLU-nya listriknya pakai PLN dan kami siap baik secara jumlah pasokan maupun bisnisnya,” terang Awaluddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper