Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Memasok Smelter Bantaeng Listrik 80 MVA

Guna mendukung pertumbuhan industri di Sulsel, PLN menyediakan listrik di beberapa perusahaan smelter Bantaeng.
Ilustrasi smelter./JIBI
Ilustrasi smelter./JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR — PT PLN (Persero) berkomitmen menyediakan listrik sebesar 80 Mega Volt Ampere (MVA) kepada perusahaan pemurnian hasil tambang atau smelter di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) yaitu PT Dowstone Energy Material Indonesia. 

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar) Awaluddin Hafid mencatat, sebelumnya dalam area yang sama di Kabupaten Bantaeng, PLN juga telah memasok listrik ke  PT Huadi Nickel Alloy Indonesia dengan total daya terpasang sebesar 220 MVA untuk enam tungku pemurnian hasil tambang.

Tak hanya itu, sebelumnya PLN telah menunjukan komitmennya dengan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) dengan PT Huadi Nickel Alloy Indonesia dengan daya 90 MVA.

"Tambahan daya 90 MVA tersebut sedang dalam proses konstruksi dan kami optimistis akan beroperasi dalam waktu dekat," pungkas Awaluddin, Senin (1/8/2022).

Dia mencatat, dengan terlaksananya kesepakatan tersebut dan daya eksisting yang telah terpasang, total daya listrik yang akan dipasok kepada industri smelter dalam area tersebut adalah sebesar 390 MVA.

Di samping itu, PLN telah siap melengkapi kebutuhan sektor industri, khususnya industri smelter dengan memberikan produk dan layanan yang ramah lingkungan seperti sertifikat EBT atau Renewable Energy Certificate (REC).

"Apalagi dalam sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan saat ini sebagai salah satu penyumbang energi hijau terbesar di Indonesia dengan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 38,8 persen di atas target rata-rata nasional," ungkap Awaluddin.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PT Dowstone Energy Material Indonesia Jos Stefan Hidecky menyampaikan terima kasihnya atas dukungan pasokan listrik PLN.

"Sejak tahun 2018 kami mempercayakan pasokan listrik kepada PLN, tentunya akan semakin banyak tantangan tetapi kami percaya dan berterima kasih PLN dapat memberikan layanan yang baik dan tepat waktu," ungkap Jos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper