Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HIPMI dan Gubernur Gorontalo Siap Kolaborasi Dukung Pasokan Pangan IKN

HIPMI berharap terciptanya ekosistem pangan di Gorontalo agar dapat menjadi support sistem, tak hanya Indonesia Timur tapi juga suplai ke Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).
Farid Firdaus
Farid Firdaus - Bisnis.com 15 Juli 2022  |  11:11 WIB
HIPMI dan Gubernur Gorontalo Siap Kolaborasi Dukung Pasokan Pangan IKN
Sekjen BPP HIPMI Bagas Adhadirgha disela rangkaian kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) VI dan Forum Bisnis BPD HIPMI Gorontalo 12-13 Juli 2022 - Dok.HIPMI.

Bisnis.com, GORONTALO – Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi Gorontalo di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Gubernur Hamka Hendra Noer dalam membina generasi mudanya, menyusul pertumbuhan industri konvensional dan potensi sumber daya pertanian di Gorontalo, Sulawesi Utara. 

Sekjen BPP HIPMI Bagas Adhadirgha mengatakan salah satu potensi usaha di Gorontalo ada di sektor pertanian. Dalam pertemuan bersama Gubernur Gorontalo, tercetus banyak sekali hal yang bisa didukung HIPMI ke depan.

“Salah satu yang menjadi perhatian utama adalah posisi Gorontalo sebagai pusat lumbung pangan, di mana Gorontalo sebagai penghasil jagung terbesar di Indonesia Timur,” terang Bagas saat bertemu dengan Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer pada kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) VI dan Forum Bisnis BPD HIPMI Gorontalo 12-13 Juli 2022, dikutip dari keterangan resmi, Jumat (15/7/2022).

Bagas yang juga CEO Asia Aero Techonology ini mengungkapkan harapannya ke depan, agar keberadaan lumbung pangan khususnya Jagung dapat menciptakan dan mendorong pertumbuhan industri-industri peternakan baik sapi maupun ayam.

“Supaya ujung dari industri ini adalah terciptanya ekosistem pangan agar dapat menjadi support sistem, tak hanya Indonesia Timur tapi juga suplai ke Ibu Kota Negara Nusantara (IKN),” jelasnya.

HIPMI, kata Bagas, akan menjadi mitra strategis pemerintahan Gorontalo dalam mendukung terciptanya ekosistem ekonomi.

“Saya yakin, dengan adanya kolaborasi pusat dan pengusaha-pengusaha muda di daerah maka ekosistem industri ini dapat memberikan dampak penyerapan Tenaga kerja bagi warga Gorontalo,” pungkas Bagas.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menantang HIPMI untuk bisa menggerakkan ekonomi di daerah. Hamka menilai HIPMI Gorontalo memiliki peran penting untuk bisa berkolaborasi dengan baik bersama pemerintah. Di satu sisi pemerintah sendiri akan timpang jika tidak ditopang oleh pengusaha.

“Saya menantang HIPMI Gorontalo untuk bisa menggerakkan ekonomi lokal. Untuk itu, pola sinergitas dan konsolidatif antara pemerintah dan dan pengusaha itu harus terjalin dengan baik,” ungkap Penjagub Gorontalo, Hamka Hendra Noer.

Menurutnya, upaya ini juga sesuai arahan Presiden RI agar mendorong ekonomi lokal di masing-masing daerah. Ia pun mengingatkan agar setiap pengusaha yang ingin berinvestasi di daerah untuk tidak dipersulit dalam setiap perizinan dan kebijakan.

“Saya setuju harus saling berkolaborasi, di satu sisi pemerintah yang sendiri tidak ditopang oleh pengusaha, itu juga akan timpang. Sama analoginya antara eksekutif dan legislatif. Makanya saya bilang ke teman teman HIPMI, kalian adalah sparring partnernya pemerintah,” ucap Hamka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hipmi gorontalo pertanian pertanian jagung
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top