Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulsel Alokasikan Rp65 Miliar untuk Rekonstruksi Jalan Daerah

Total pagu 2022 untuk kedua ruas ini sebesar Rp65 miliar yang terdiri atas ruas Pinrang-Rappang dengan pagu Rp19,6 miliar. Ruas Batas Soppeng-Pangkajene pagu sebesar Rp45,5 miliar.
Ilustrasi./Antara-Hafidz Mubarak A
Ilustrasi./Antara-Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalokasikan Rp65 miliar untuk rekonstruksi sejumlah ruas jalan di beberapa kabupaten. Beberapa di antaranya Pinrang-Rappang di Kabupaten Pinrang dan Batas Soppeng-Pangkajene di Kabupaten Sidrap.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel Astina Abbas mengatakan, proses lelang untuk kedua ruas ini telah selesai. Kedua ruas itu akan dijadikan satu paket pengerjaan.

Total pagu 2022 untuk kedua ruas ini sebesar Rp65 miliar yang terdiri atas ruas Pinrang-Rappang dengan pagu Rp19,6 miliar. Sementara untuk ruas Batas Soppeng-Pangkajene pagu sebesar Rp45,5 miliar.

“Iya, telah dilakukan penandatanganan kontrak. Sementara tim melakukan pengukuran sebelum dilakukan penanganan fisik di lapangan,” ujarnya, Senin (13/6/2022).

Untuk ruas Pinrang-Rappang, Pemprov Sulsel mengalokasikan dua paket. Satu paket ruas Pinrang-Rappang yang tengah proses fisik dengan alokasi Rp17,5 miliar.

“Fokus tahun ini diprioritaskan untuk ruas Pinrang-Rappang yang mengalami kondisi rusak berat. Hal itu untuk memudahkan mobilitas masyarakat,” ungkap.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan total alokasi pagu 2022 untuk ruas Pinrang-Rappang di Kabupaten Pinrang dan ruas Batas Soppeng-Pangkajene di Kabupaten Sidrap telah selesai tender. Keduanya segera dilakukan proses pengerjaan fisik.

Jika kedua paket fisik ini berjalan, direncanakan dapat menuntaskan penanganan pada beberapa segmen jalan dengan kondisi rusak berat yang terdapat di ruas jalan provinsi yang menghubungkan Pinrang dan Kabupaten Sidrap di perbatasan Soppeng.

"Kedua ruas ini merupakan kategori LHR tinggi atau pelintasnya tinggi karena sebagai jalur utama. Baik untuk ruas Pinrang - Rappang sebagai jalur utama Pinrang menuju Sidrap. Sementara untuk ruas Batas Soppeng - Pangkajene, menjadi jalur utama yang menghubungkan Soppeng ke Sidrap," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper