Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Sulsel Bagikan 25 Ton Benih Padi Gratis kepada Petani

Dengan dilakukannya penangkaran di Sulsel, maka benih yang disalurkan meminimalisir penggunaan bahan kimia.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 12 Mei 2022  |  16:03 WIB
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan secara simbolis benih padi gratis kepada petani di Luwu Utara, Kamis (12/5/2022) - Ist.
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan secara simbolis benih padi gratis kepada petani di Luwu Utara, Kamis (12/5/2022) - Ist.

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyerahkan bantuan benih padi gratis sebanyak 25.000 kg atau 25 ton kepada petani di Kabupaten Luwu Utara. Benih ini diperuntukkan untuk lahan pertanian seluas 1.000 hektare di sana.

Bantuan benih ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman kepada kelompok tani saat perayaan 23 Tahun Kabupaten Luwu Utara pada Rapat Paripurna DPRD Lutra, Kamis (12/5/2022).

“Kita menyalurkan bantuan benih gratis melalui Program Mandiri Benih. Kita melakukan penangkaran di sini (Sulsel), kemudian hasil benihnya kita bagikan gratis kepada petani,” ujarnya Andi Sudirman.

Dengan dilakukannya penangkaran di Sulsel, maka benih yang disalurkan meminimalisir penggunaan bahan kimia. Benih yang dihasilkan dan dibagikan ini pun sesuai dengan kondisi tanah di daerah.

Terkhusus di Luwu Utara, Pemprov Sulsel telah melakukan penangkaran pada lahan seluas 5 hektare. Namun hasil benih yang disalurkan ke petani berkali lipat hingga 1000 hektare.

“Luwu utara menjadi salah satu sasaran dalam program mandiri benih tanaman pangan, khususnya benih tanaman padi. Dengan melibatkan petani penangkar di sini, penangkaran dilaksanakan di lahan petani penangkar seluas 5 hektare. namun benih sebar yang akan diberikan gratis ke petani berkali-kali lipat, seluas seribu hektare lahan pertanian atau 25 ton benih,” jelasnya.

Selain itu, Andi Sudirman juga menyerahkan bantuan pertanian berupa alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani.

Beberapa petani pun cukup senang dengan bantuan ini. Salah seorang petani Agus Salim mengatakan bantuan ini akan memudahkan dirinya dalam menghasilkan hasil tani yang lebih banyak dari biasanya.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas bantuan ini karena memudahkan kami sebagai petani untuk menghasilkan produksi yang lebih banyak lagi," ucapnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel padi
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top