Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga dan Stok Bahan Pangan di Sulsel, Ini Kata Gubernur

Cabai rawit tercatat di harga Rp25.000/kg, daging lokal Rp120.000/kg, daging impor Rp100.000/kg, hingga minyak curah di distributor Rp14.000/liter.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 21 April 2022  |  12:45 WIB
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (baju putih masker biru) meninjau harga dan stok bahan pokok di Pasar Terong Makassar, Kamis (21/4 - 2022).
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (baju putih masker biru) meninjau harga dan stok bahan pokok di Pasar Terong Makassar, Kamis (21/4 - 2022).

Bisnis.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memastikan harga dan stok bahan pokok di wilayahnya aman.

“Alhamdulillah, harga dan stok masih aman dan mayoritas bahan pokok dalam relatif terkangkau dikecualikan beberapa harga yang masih perlu untuk dikawal dengan baik,” katanya seusai meninjau harga dan stok sejumlah bahan pokok di Pasar Terong Makassar, Kamis (21/4/2022).

Dalam tinjauannya, Andi Sudirman menyasar beberapa titik pasar tradisional tersebut. Beberapa harga bahan pangan menjadi fokus pemantauan, mulai dari telur, ayam, daging, minyak goreng, dan sebagainya.

“Kita bersama Polda Sulsel dan Kodam XIV Hasanuddin mengawal dan memantau stok dan harga 12 bahan pokok utama,” pungkasnya.

Dari pantauan itu, beberapa harga bahan pokok di antaranya cabai rawit tercatat di harga Rp25.000/kg, daging lokal Rp120.000/kg, daging impor Rp100.000/kg, hingga minyak curah di distributor Rp14.000/liter.

Andi Sudirman mengatakan Sulsel termasuk wilayah dengan lonjakan harga bahan pokok yang tidak terlalu ekstrem jika dibandingkan Provinsi lain. Oleh karena itu, pihaknya terus mengingatkan kepada para produsen untuk terus menetapkan harga sesuai ketentuan.

“Kami memberi warning kepada distributor minyak curah agar tetap harga sesuai ketentuan Rp14.000/liter. Kami juga mendorong aparat penegak hukum bahwa bagi yang menimbun/ memainkan harga bagi masyarakat akan ditindak sesuai ketentuan,” tegasnya.

Ia berharap harga dan stok bahan pokok dapat aman hingga memasuki Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Sementara Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana menyampaikan bahwa Satgas Pangan Sulsel terus memantau setiap perkembangan harga dan stok di pasar.

“Menjelang idulfitri sampai saat ini harga-harga sudah mulai normal kembali. Memang ada kenaikan kenaikan di beberapa pangan. Satgas pangan terus mengawal dan memantau perkembangan. Insya Allah kita terus kawal sampai pelaksanaan idul fitri,” ucapnya.

Diketahui pemantauan harga bahan ini dilakukan Andi Sudirman bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana, Irdam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Dwi Endro Sasongko, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar Hilman Pujana, Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, serta dari Dinas Perdagangan Kota Makassar.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi makassar sulsel bahan pokok
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top