Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banjir Makassar, Puluhan Warga Dievakuasi

Air sungai meluap dan merendam pemukiman warga serta menggenangi akses jalan. Sedangkan di wilayah perkotaan, drainase dan kanal juga meluap.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Desember 2021  |  09:15 WIB
Banjir Makassar, Puluhan Warga Dievakuasi
Pengendara menerobos banjir yang merendam ruas Jalan Talasalapang di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (6/12/2021). Sejumlah ruas jalan di daerah itu terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi. - Antara/Arnas Padda.
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Tim Basarnas Sulawesi Selatan bersama SAR Gabungan diterjunkan ke sejumlah lokasi yang dilaporkan terdampak banjir untuk mengevakuasi warga yang rumahnya terendam air cukup tinggi.

"Seluruh Rescuer telah diterjunkan ke lokasi yang terdampak banjir untuk membantu warga sekaligus melakukan evakuasi," ujar Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi saat di konfirmasi di Makassar, Selasa (7/12/2021).

Ia mengatakan hampir seluruh wilayah di Sulsel terdampak banjir. Salah satu pemicunya adalah curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi selama tiga hari berturut-turut, sejak Minggu, 5 Desember hingga 7 Desember 2021.

Akibatnya, air sungai meluap dan merendam pemukiman warga serta menggenangi akses jalan. Sedangkan di wilayah perkotaan, drainase dan kanal juga meluap, karena tidak mampu menahan debit air, membuat sejumlah rumah warga terendam banjir.

Di wilayah Soppeng yang terdampak banjir, dua rumah dibawa arus sungai. Puluhan warga dievakuasi dan rumah di bantaran sungai telah dibongkar. Bahkan, tim terus bersiaga dan memantau titik lokasi jika diperlukan evakuasi.

Sedangkan personel dari Pos SAR Bone juga siap membantu evakuasi. Sementara di Pinrang diturunkan personel Pos Unit Siaga Parepare untuk melakukan pencarian terhadap warga yang terseret arus.

Sementara dari Makassar ada yang diterjunkan ke Barru untuk bantu evakuasi warga terdampak, bahkan sebagian besar fokus melakukan evakuasi di wilayah Makassar dan Gowa.

"Kita terjunkan semua tim sejak kemarin hingga hari ini untuk evakuasi di wilayah Sulsel. Untuk Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, ada beberapa titik wilayah yang terdampak cukup parah seperti di Kecamatan Biringkanaya, Manggala, Tamalanrea dan Panakkukang," papar Djunaidi.

Saat ini seluruh tim gabungan telah berada di lapangan untuk mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir. "Sejak tadi malam tim masih terus melakukan evakuasi hingga pagi ini," ujarnya.

BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini mengenai kondisi cuaca yang memburuk mulai 5-7 Desember 2021.

Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Darmawan mengatakan jika mencermati perkembangan kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat menyebabkan penambahan massa udara basah.

Menurut dia, pola pertemuan massa udara (konvergensi) dari laut Jawa hingga Sulawesi dan meningkatnya anomali suhu muka laut di wilayah Selat Makassar dan Teluk Bone. Kondisi dinamika atmosfer tersebut meningkatkan potensi hujan sedang hingga lebat, angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah Sulawesi Selatan.

Untuk hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat meliputi Kabupaten Pinrang, Kota Parepare, Kabupaten Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Makassar dan Takalar.

Wilayah Sulsel bagian tengah meliputi Kabupaten Soppeng dan Sidrap. Begitu juga wilayah Sulsel bagian utara meliputi Kabupaten Enrekang, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja dan Toraja Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir makassar sulsel

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top