Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulut Pacu Produksi Perikanan dan Pertanian untuk Angkat Nilai Ekspor

Pemprov Sulut terus melakukan terobosan dan mencari solusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 lewat peluang ekspor langsung atau direct call export komoditi pertanian dan perikanan
Penjual menyusun dagangan ikan di Pasar Palima Palembang, Sumsel, Sabtu (3/10/2020). /ANTARA
Penjual menyusun dagangan ikan di Pasar Palima Palembang, Sumsel, Sabtu (3/10/2020). /ANTARA

Bisnis.com, MANADO - Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw mengatakan, pemerintah provinsi menggenjot ekspor potensi perikanan dan pertanian untuk menumbuhkan perekonomian daerah di tengah pandemi COVID-19.

"Pemprov Sulut terus melakukan terobosan dan mencari solusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 lewat peluang ekspor langsung atau direct call export komoditi pertanian dan perikanan," ujar Wagub Steven di Manado dikutip dari Antara, Jumat (26/3/2020).

Saat membuka  Focus Group Discussion (FGD) Peluang Ekspor Produk Perikanan dari Kawasan Timur Indonesia Ke Jepang, Steven Kandow menjelaskan, pertumbuhan ekonomi menunjukkan ada pengurangan angka kemiskinan, terciptanya lapangan kerja, selain peningkatan investasi.

Menurut dia, sektor yang paling tidak terganggu dalam suasana pandemi COVID-19 saat ini adalah pertanian dan perikanan.

“Untuk itu perlu memberikan daya ungkit atau nilai tambah pada produk-produk pertanian dan perikanan agar memiliki nilai tambah yang sangat signifikan untuk di ekspor,” ujarnya.

Pemprov Sulut, mulai tahun 2021 sudah mendapatkan izin ekspor langsung ke Jepang setelah semua pemangku kepentingan sepakat.

Bahkan belum lama ini sudah melaksanakan ekspor langsung ke singapura dan untuk bulan depan bisa ekspor langung ke Cina.

Potensi perikanan Provinsi Sulut, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Gorontalo lebih dari setengah produk nasional namun jumlah yang diekspor ke luar negeri masih harus jauh lebih ditingkatkan.

Kendala-kendalanya, di antaranya masih belum tersosialisasi dengan baik tentang fasilitas ekspor langung ini kepada para pelaku usaha, juga belum memiliki ekspor mindset.

“Semoga teman-teman dari BI juga dapat membimbing pelaku-pelaku usaha ini,” harapnya.

Lebih jauh, Wagub Kandouw memberikan apresiasi kepada BI yang telah menginisiasi acara ini.

“Semoga menjadi sarana untuk mengupdate, memperluas pengetahuan dan upaya kita untuk meningkatkan ekspor, karena ini benar-benar memiliki dampak yang luar biasa. Kita harus bertekad, berikhtiar apa yang kita capai hari ini harus lebih bagus,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Amri Nur Rahmat
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper