Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sengketa Gaji Berujung Sanksi, PSM Belum Bayar Giancarlo Rodrigues Rp1,3 Miliar

Jika dikalkulasikan, PSM harus membayar gaji Giancarlo Lopes sekitar Rp1,336 Miliar. Jumlah tersebut dari total kontrak Rp5,467 selama semusim dan dibagi 25 persen.
Wahyu Susanto
Wahyu Susanto - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  05:51 WIB
Pemain PSM Giancarlo Rodrigues  - Antara
Pemain PSM Giancarlo Rodrigues - Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - Publik sepak bola tanah air belakangan ini dihebohkan dengan munculnya kisruh antara tim dan pemain. Di mana PSM Makassar belum membayar gaji eks legiun asingnya, Giancarlo Lopes Rodrigues selama berbulan-bulan.

Sampai akhirnya, pemain dengan tinggi 195 cm itu melaporkan hal tersebut kepada federasi sepak bola dunia, FIFA. Yang mana, FIFA menuntut agar segera membayarkan gaji Giancarlo.

Jika tidak segera dibayarkan akun Transfermarkt PSM akan di blokir selama tiga musim. Alhasil, tim yang didirikan sejak 1915 itu tidak bisa melakukan transfer pemain asing selama tiga tahun. 

Giancarlo sendiri saat dikonfirmasi mengatakan PSM belum memenuhi kewajibannya sampai saat ini. Meski tidak menyebutkan berapa uang yang harus dibayarkan PSM, tetapi ia menegaskan bahwa hal tersebut harus segera dipenuhi.

"Gaji saya belum dibayarkan 10 bulan," ungkap Giancarlo kepada Bisnis saat dikonfirmasi, Rabu (17/2/2021).

Diketahui, Giancarlo diperkenalkan manajemen PSM di Hotel Aryaduta Makassar pada Rabu 8 Januari 2020. Ia dikontrak selama satu musim yang berakhir Januari 2021.

Namun sebelum kontraknya berkhir, pemain asal Brazil itu resmi hengkang dari PSM ke tim asal Bangladesh, Sheikh Russel KC pada pertengahan Desember 2020 lalu. Kepindahannya itu didasari lantaran belum adanya gaji yang diterima Giancarlo dari PSM. 

CEO PT PSM, Munafri Arifuddin yang dikonfirmasi bisnis belum bisa menjawab terkait hal tersebut. Namun jika dirinci, Giancarlo sejatinya belum menerima gaji sejak bulan Maret 2020 atau saat Liga 1 resmi dihentikan PSSI imbas Covid-19. 

Dikutip dari data Transfermarkt, PSM saat itu harus merogoh kocek sebesar 350 euro atau sekitar Rp5,467 miliar untuk mendapatkan Giancarlo. Namun munculnya kebijakan PSSI setelah Liga 1 2020 dihentikan, seluruh tim hanya mewajibkan membayar gaji pemain sebesar 25 persen dari kontrak. 

Jika dikalkulasikan, PSM harus membayar gaji Giancarlo Lopes sekitar Rp1,336 Miliar. Nilai tersebut adalah 25 persen dari angka kontrak Rp5,467 miliar selama semusim. 

"Saya berharap semua ini bisa selesai. Terimakasih atas dukungannya," demikian Giancarlo Lopes Rodrigues menambahkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

psm makassar
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top