Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Pemulihan Ekonomi jadi Prioritas Pemerintah Sulut Tahun 2021

Tema RKPD tahun 2021 yakni mempercepat pemulihan ketahanan ekonomi dan kehidupan masyarakat didukung pengembangan pariwisata dan industri berbasis sumber daya lokal.
Tampak depan Kantor Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara /Bisnis-Kurniawan A. Wicaksono
Tampak depan Kantor Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara /Bisnis-Kurniawan A. Wicaksono

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Sulawesi Utara memprioritaskan program-program pemulihan ekonomi dalam rencana kerja tahun 2021. 

"Tema RKPD tahun 2021 yakni mempercepat pemulihan ketahanan ekonomi dan kehidupan masyarakat didukung pengembangan pariwisata dan industri berbasis sumber daya lokal," ujar Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Manado, dikutip dari Antara (5/1/2020).

Mendukung hal ini, kata dia, ke depan sektor pertanian harus digalakkan sebagai kontributor terbesar terhadap pembentukan perekonomian daerah.

"Kita harus tetap melanjutkan gerakan sentuh tanah sektor pertanian dan optimalisasi sektor perikanan. Sambil terus berupaya mencari peluang-peluang meningkatkan tujuan ekspor," jelas Gubernur.

Selain itu, lanjut Gubernur, sektor pariwisata juga harus didorong mulai dari pembangunan infrastruktur hingga unsur pendukung lainnya yang meliputi pembangunan sumber daya manusia handal dan pembangunan industri di daerah yang berbasis sumber daya lokal," ujarnya.

Gubernur Olly mengatakan sinergitas yang terbangun antara pemerintah daerah dengan para pihak telah membawa segudang capaian positif dan penghargaan di sepanjang tahun 2020.

Di antaranya, penghargaan KPK RI atas komitmen penertiban dan optimalisasi aset negara, mendorong masyarakat tetap produktif dan menyambut kebijakan padat karya pemerintah dengan sejumlah proyek fisik Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Selanjutnya, mampu melakukan percepatan pembangunan fisik KEK Pariwisata Likupang, menghadirkan terobosan ekspor langsung komoditi perikanan dan pertanian dari Manado ke Narita, Jepang bekerjasama dengan PT. Garuda Indonesia.

Lainnya, menyukseskan pilkada serentak 9 Desember 2020 sehingga hingga berlangsung lancar dan aman COVID-19.

"Kami mengimbau semua pihak tetap bersinergi di tahun 2021 ini agar mampu menuai capaian-capaian progresif setiap program dan kegiatan yang telah menjadi prioritas," ujarnya.

Gubernur menambahkan, dalam Innovative Government Award (IGA) 2020, Sulut dinobatkan sebagai provinsi paling inovatif.

"Tunjukkanlah predikat itu dengan tetap menjadi aparatur pemerintah inovatif yang dapat melahirkan terobosan-terobosan inovatif untuk kontribusi positif bagi kemajuan daerah Sulut," sebut Gubernur.

Gubernur juga berharap ASN tetap bekerja sesuai tupoksi, berkoordinasi serta segera menerapkan “electronic government” di setiap SKPD dan memaksimalkan publikasi media sosial dan media elektronik, dan media cetak.

"Tetap semangat dalam bekerja, jaga kesehatan, dan mari sama-sama berikan yang terbaik untuk bangsa dan daerah. Jaga kekompakan organisasi dan kewibawaan Pemprov Sulut. Sebagai ASN, kita bekerja untuk rakyat. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menuntun dan menyertai kita semua," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Amri Nur Rahmat
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler