Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ribuan Surat Suara Pilkada Makassar 2020 Rusak

Petugas sortir menemukan 2.468 surat suara yang rusak.
Pengawas dari KPU Daerah Makassar  menunjukkan surat suara Pilkada Makassar 2020 yang dinyatakan rusak di CCC Makassar, Selasa (24/11/2020)/Istimewa
Pengawas dari KPU Daerah Makassar menunjukkan surat suara Pilkada Makassar 2020 yang dinyatakan rusak di CCC Makassar, Selasa (24/11/2020)/Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Makassar menemukan ribuan surat suara Pilkada Makassar 2020 yang dinyatakan rusak. 

Sekertaris KPU Daerah Makassar, Asrar Marlang mengatakan pihaknya telah melakukan sortir dan melipat surat suara sejak Minggu 22 November 2020. Sejak saat itu, ditemukan sebanyak 2.468 surat suara yang rusak.

"Petugas sortir menemukan 2.468 surat suara yang rusak," ujar Asrar kepada Bisnis, Rabu (25/11/2020).

Asrar menjelaskan surat suara yang rusak rata-rata ditemukan ada noda tinta tepat di gambar bakal calon walikota Makassar. Selain itu, pihaknya juga menemukan surat suara yang tidak jelas gambar dari seluruh Paslon.

Dengan adanya surat suara yang rusak pihaknya telah melaporkan ke penyedia logistik Pilkada Makassar 2020. Sehingga nantinya akan diganti sesuai jumlah yang dilaporkan.

"Surat suara yang rusak murni dari percetakan. Karena setelah petugas menyortir memang banyak ditemukan rusak dan dinyatakan tidak bisa digunakan," jelasnya.

Adapun pihaknya telah mencatat sebanyak 259.715 surat suara telah selesai disortir dan dilipat. Jumlah tersebut dari total surat suara yang disediakan untuk Pilkada Makassar 2020 sebanyak 924.721.

"Sampai Senin kemarin total surat suara sudah dilipat sebanyak 259.715. Dari sortir inilah yang ditemukan rusak. Jadi sampai saat ini kita sudah menyelesaikan sekitar 70 persen dan melanjutkan untuk menyiapkan logistik lainnya," pungkas Asrar Marlang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Wahyu Susanto
Editor : Amri Nur Rahmat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper