Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adik Mentan SYL Ditantang Jago PDIP dan Gerindra di Pilwalkot Makassar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar resmi menetapkan empat Pilkada Kota Makassar. Irman Yasin Limpo , adik kandung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL),  ditantang jago dari PDI Perjuangan.
Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember 2020./KPU
Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember 2020./KPU

Bisnis.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar resmi menetapkan empat bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar periode 2021-2016.

Penetapan dilakukan melalui rapat pleno tertutup di aula sekretariat KPU Makassar, Rabu (23/9/2020).

Empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar di antaranya, Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Nurdin Halid yang diusung oleh Partai Golkar, PKS, dan PAN.

Irman Yasin Limpo yang akrab dipanggil None adalah adik kandung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Dia akan bertarung dengan tiga paslon lainnya, termasuk jago dari PDI Perjuangan.

Tiga paslon Pilwalkot lainnya adalah Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando yang diusung oleh Partai Demokrat, PPP, dan Perindo.

Selanjutnya Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi yang diusung oleh Partai Gerindra dan Nasdem.

Terkahir, pasangan Syamsu Rizal-Fadli Ananda yang diusung oleh Partai Hanura, PDIP, dan PKB.

"Semua pasanga calon memenuhi syarat," kata Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Makassar Gunawan Mashar, Rabu (23/9/2020).

Penetapan itu kata dia, merujuk pada syarat calon verifikasi dokumen perbaikan. Gunawan mengatakan dari seluruh dokumen tidak lagi ditemukan adanya masalah. Sehingga, sah sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

Gunawan menyatakan, usai penetapan pada pasangan calon, selanjutnya akan memasuki tahapan pengundian nomor urut. Rencananya tahapan tersebut akan digelar pada Kamis (24/9/2020) besok.

"Besok (Kamis) pengundian nomor urut. Bertempat di Hotel Harper Makassar, Jalan Perintis Kemerdekaan," jelas Gunawan.

Adapun, untuk seluruh tahapan dilakukan pihaknya menjamin akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya penularan virus Corona atau Covid-19.

Sebagai informasi, dari 37 kota penyelenggara Pilkada 2020, Makassar merupakan kota dengan populasi terbanyak dengan 1,66 juta penduduk. Sebanyak 899.000 warga Ibu Kota Sulsel itu diestimasi KPU memiliki hak pilih pada 9 Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler