Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sektor Pertanian Jadi Tumpuan Ekonomi di Tengah Pandemi

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) di Kabupaten Gowa, resmi beroperasi.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  15:51 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meresmikan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) di Kabupaten Gowa, Rabu (29/7 - 2020).
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meresmikan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) di Kabupaten Gowa, Rabu (29/7 - 2020).

Bisnis.com, MAKASSAR — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meyakini sektor pertanian mampu menjadi tumpuan perekonomian di tengah merebaknya pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, sektor pertanian harus diperkuat dari sisi sumber daya manusia (SDM). Caranya dengan menyediakan ruang belajar yang mampu mendorong para generasi muda untuk bisa terlibat dalam memajukan sektor pertanian Indonesia.

"Kita butuh sumber daya yang tidak hanya bisa menjadi pekerja saja, tetapi juga membuka lapangan kerja di sektor pertanian dengan memanfaatkan perkembangan teknologi," ungkap Syahrul saat meresmikan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) di Kabupaten Gowa, Rabu (29/7/2020).

Pada kesempatan itu, Syahrul juga menyampaikan harapannya, agar kehadiran Politbangtan bisa menjadi satu kekuatan pertanian masa depan dalam menggagas pendidikan advokasi untuk mempersiapkan masa depan pertanian yang maju dan modern. Termasuk dalam membangun kemandirian petani, daerah, dan nasional.

Hal itu kata Syahrul, menjadi agenda penting untuk diwujudkan mengingat saat ini sektor pertanian menjadi tumpuan utama dalam menggerakkan roda perekonomian. Sektor pertanian menurut Syahrul bahkan mampu memutar ekonomi paling dasar.

"Lulusan Polbangtan bahkan bisa menjadi enterpreneur pertanian di daerah yang turut memberikan energi terhadap pertanian daerahnya bahkan menjadi bagian penggerak yang menciptakan lapangan kerja (job maker)," kata Syahrul.

Semetara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian( BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Dedy Nursyamsi menyatakan Polbangtan Gowa merupakan pencetak petani milenial yang akan melanjutkan pembangunan pertanian.

"Ke depan alumni dari Polbangtan Gowa ini akan menjadi qualified jobseeker dan jobcreature," sebut Dedy

Dedy menegaskan bahwa SDM Polbangtan dibekali dengan pembelajaran terkait pengembangan pertanian berbasis teknologi 4.0 sehingga teknologi ini menjadi familiar digunakan. Polbangtan juga fokus pada pendidikan vokasi dan pendidikan terapan

Sehingga menurut Dedy, alumni Polbangtan nantinya betul-betul menguasai inovasi teknologi terapan. Lebih lanjut Dedy mengatakan Polbangtan Gowa dilengkapi dengan sarana memadai seperti area kampus, asrama dan kemudian juga ada teaching factory tempat pengelolaan hasil perkebunan. Kemudian terdapat juga teaching factory di Bone berupa kandang ternak dengan kapasitas besar.

"Kita juga gunakan prasarana yang ada untuk program youth enterpreneus service (YES). Program kita ini untuk menggembleng yang petani milenial bersama dengan pembangunan wirausaha muda pertanian," jelas Dedy. (k36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mentan pertanian
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top