Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sulut Segera Nikmati Keberadaan Bendungan Kuwil Kawangkoan

Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan ini merupakan bagian dari program pengendalian banjir Kota Manado dan sekitarnya untuk debit banjir 470 meter kubik per detik.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  16:40 WIB
Terowongan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara. - Dok. Kementerian PUPR
Terowongan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara. - Dok. Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. menargetkan pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara dapat diselesaikan pada tahun ini.

Coporate Secretary PT Wijaya Karya Tbk. (WIKA) Mahendra Vijaya menjelaskan bahwa Bendungan Kuwil Kawangkoan yang ditujukan sebagai pengendali banjir Kota Manado ini ditargetkan menjadi salah satu yang bakal dituntaskan pengerjaannya.

"Bendungan yang kami targetkan selesai pembangunannya tahun ini salah satunya bendungan Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara, dari total 12 proyek bendungan yang saat ini kami kerjakan," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (16/7/2020).

Data Kementerian PUPR menyebutkan bahwa bendungan yang memiliki kapasitas tampung 23,37 juta meter kubik dan luas genangan 139 hektare ini dibangun sejak 2016 dengan biaya Rp1,46 triliun dan dikerjakan oleh WIKA, PT DMT, kerja sama operasi (KSO) dan PT Nindya Karya (Persero).

Pembangunan bendungan ini merupakan bagian dari program pengendalian banjir Kota Manado dan sekitarnya untuk debit banjir 470 meter kubik per detik. Banjir bandang pernah melanda daerah ini pada tahun 2014.

Di samping itu, Bendungan Kuwil Kawangkoan juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedia air baku untuk Kota Manado, Kecamatan Kalawat, Kota Bitung dan KEK Bitung sebesar 4,5 meter kubik per detik, PLTM dengan kapasitas 2 x 0,70 MW serta pengembangan pariwisata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wijaya karya bendungan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top