Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertamina Jajaki Kerjasama Program Kemitraan dengan Dekranasda Sulsel

PT. Pertamina Persero MOR VII menggandeng Dewan Kerajinan dan Kesenian Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan dalam mendorong pemanfaatan program kemitraan bagi UMKM.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 26 Juni 2020  |  16:20 WIB
Pertamina menjalankan Program Kemitraan berupa penyaluran dana pinjaman permodalan untuk para pelaku UMKM. (Foto: Istimewa)
Pertamina menjalankan Program Kemitraan berupa penyaluran dana pinjaman permodalan untuk para pelaku UMKM. (Foto: Istimewa)

Bisnis.com, MAKASSAR - PT. Pertamina Persero MOR VII menggandeng Dewan Kerajinan dan Kesenian Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan dalam mendorong pemanfaatan program kemitraan bagi UMKM.

Wakil Ketua Harian 1 Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Oci Alepuddin mengatakan, program ini sangat layak dimanfaatkan oleh UMKM apalagi menyambut era new normal baru.

“UMKM bisa memanfaatkan program ini untuk kembali menata usahanya utamanya bagi yang terdampak efek pandemi,” kata Andi Oci berdasarkan keterangan yang diterima Bisnis, Jumat (26/6/2020).

Dia pun berharap lebih dari 100 UMKM di bawah binaan Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan bisa mengambil manfaat dari adanya Program Kemitraan Pertamina ini.

Unit Manager Communication & CSR MOR VII, Hatim Ilwan menjelaskan bahwa Program Kemitraan merupakan program bantuan modal usaha yang digagas oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bagi UMKM yang bertujuan untuk membantu pelaku UMKM agar menjadi tangguh dan mandiri.

"Syarat untuk bergabung dalam Program Kemitraan ini cukup mudah dengan jasa administrasi yang sangat kecil yaitu 3% per tahun," jelasnya.

UMKM yang ingin bergabung, lanjut Hatim, harus memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan. Sektor usahanya pun beragam mulai dari sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan perikanan hingga sektor jasa.

"Plafond bantuan modal yang bisa kami berikan mencapai Rp 200 juta dengan tenor hingga 3 tahun," lanjutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top