Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Etalase Berkah Kerjasama Pertamina-Dekranasda Sulsel Sediakan Makanan Gratis Tiap Jumat

Persatuan Wanita Patra (PWP) Pertamina Tingkat Wilayah Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi membuat sebuah inovasi yang dinamakan "Etalase Berkah".
Sitti Hamdana R
Sitti Hamdana R - Bisnis.com 13 Juni 2020  |  19:22 WIB
Pembagian paket makanan gratis Kerjasama PWP dan Dekranasda Sulsel - istimewa
Pembagian paket makanan gratis Kerjasama PWP dan Dekranasda Sulsel - istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Tradisi berbagi berkah di Kota Makassar terasa cukup kental, terutama di hari Jumat setelah selesai ibadah sholat Jumat. Tidak sedikit komunitas masyarakat dan masjid menyuguhkan berbagai panganan yang bisa dinikmati maupun dibawa oleh jamaah masjid dan masyarakat sekitar.

Tradisi ini terasa semakin bermanfaat di kala pandemi Covid-19 terjadi. Sektor ekonomi yang melemah akibat pandemi membuat sebagian besar warga mengalami penurunan penghasilan hingga tahap kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Atas dasar tersebut, Persatuan Wanita Patra (PWP) Pertamina Tingkat Wilayah Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi membuat sebuah inovasi yang dinamakan "Etalase Berkah".

Etalase berkah merupakan sebuah etalase atau wadah bagi warga Kota Makassar untuk bisa menyisihkan sebagian rezekinya untuk bersedekah kepada mereka yang membutukan. Dengan tagline "Siapapun boleh mengambil, Siapapun boleh mengisi", warga yang ingin menyumbang makanan bisa menitipkannya di etalase ini. Dan bagi mereka yang membutuhkan, bisa mengambilnya tanpa dikenakan biaya sedikitpun.

"Etalase berkah ini diharapkan akan menjadi wadah bagi warga Kota Makassar untuk bersedekah makanan yang manfaatnya kembali masyarakat lagi," jelas Ketua PWP Tingkat Wilayah Pertamina MOR VII, Dwi Novitasari Sasongko.

Kegiatan ini, lanjut Dwi, merupakan pengembangan kegiatan Jumat Berkah yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu. Saat itu polanya adalah PWP Pertamina turun langsung untuk membagikan makanan kepada mereka yang membutuhkan. "Sejak semakin merebaknya pandemi Covid-19, kami ubah polanya dengan menempatkan makanan disebuah etalase dan yang membutuhkan bisa mengambil dari etalase tersebut."

Etalase berkah ini terselenggara atas kerjasama para istri pekerja Pertamina yang tergabung dalam PWP Tingkat Wilayah Pertamina MOR VII dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan dan diresmikan langsung oleh Ketua Dekranasda Sulsel, Liestiaty F. Nurdin, dan Ketua PWP Tingkat Wilayah Pertamina MOR VII, Dwi Novitasari Sasongko, pada Jumat (12/06). Etalase Berkah ini kemudian ditempatkan di Kantor Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan Jl. Sudirman.

Unit Managar Communication & CSR MOR VII, Hatim Ilwan, menjelaskan bahwa Pertamina berkomitmen untuk menyediakan setidaknya 100 box makanan setiap Jumat untuk mengisi Etalase Berkah ini. "Hingga Desember 2020, Pertamina akan menyediakan minimal 100 box setiap Jumatnya," jelas Hatim.

Hatim berharap Etalase Berkah ini bukan hanya sekedar bantuan tetapi menjadi sebuah gerakan berbagi dari masyarakat untuk masyarakat. "Kami mengajak kepada warga Kota Makassar untuk berperan serta menyumbangkan makanan melalui etalase ini agar semakin banyak warga yang terbantu dan menerima manfaat dari adanya Etalase Berkah," lanjut Hatim.

Liestiaty F. Nurdin mengapresiasi kerjasama yang dijalin dengan PWP Pertamina MOR VII ini. "Tentu ini merupakan kolaborasi yang baik antara Dekranasda dan PWP Pertamina. Semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina sulsel
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top