Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sulut Siapkan Rumah Sakit Khusus Covid-19

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berencana menyiapkan sejumlah rumah sakit khusus untuk pasien Covid-19.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  19:39 WIB
Tampak depan Kantor Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara - Bisnis/Kurniawan A. Wicaksono
Tampak depan Kantor Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara - Bisnis/Kurniawan A. Wicaksono

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berencana menyiapkan sejumlah rumah sakit khusus untuk pasien Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut Steaven Dandel mengatakan bahwa sejauh ini dua rumah sakit milik Pemprov Sulut telah disiapkan untuk menyediakan pelayanan khusus kasus Covid-19. Realisasi rencana tersebut akan melihat dinamika kurva epidemiologi kasus Covid-19 di Sulut.

"Dua rumah sakit milik pemprov, yakni RSUD Noongan dan Rumah Sakit Manembo-Nembo Bitung, ini lagi disiagakan. Kalau memang transmisi terus berlangsung dan ada terjadi lompatan kasus yang masif, maka kedua rumah sakit ini sudah disiapkan full tangani Covid-19," ujar Steaven, Rabu (3/6/2020).

Steaven berujar mobilisasi sumber daya di kedua rumah sakit tersebut untuk menjadi rumah sakit khusus Covid-19 mudah dilakukan sebab rumah sakit tersebut milik Pemprov Sulut. Pertimbangan lainnya, kata Steaven, kedua rumah sakit tersebut juga berdekatan dengan rumah sakit lainnya yang mampu menampung pasien umum.

Selain dua rumah sakit tersebut, beberapa rumah sakit juga akan diproyeksikan menjadi rumah sakit khusus Covid-19. Salah satunya adalah RS J.H. Awaloei yang terletak di Kabupaten Minahasa.

"Hari ini Pak Gubernur meninjau rumah sakit yang baru saja dibangun, J.H. Awaloei. Itu diproyeksikan ke depan bisa menjadi salah satu rumah sakit yang bisa merawat Covid-19," katanya.

"Ada juga beberapa rumah sakit yang jadi kandidat rumah sakit Covid-19, tapi lagi menunggu kesiapan manajemen."

Sementara itu, pada Rabu (3/6/2020), jumlah kasus baru Covid-19 di Sulut bertambah 23 orang menjadi 377 orang. Sedangkan pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh bertambah enam orang menjadi 62 orang dan yang meninggal bertambah satu orang menjadi 40 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulut covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top