Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

19 Mahasiswa Unhas Berjuang Lolos Tahap Wawancara Beasiswa Sobat Bumi Pertamina

Sebanyak 19 mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar lolos hingga tahap wawancara sebagai calon penerima Beasiswa Sobat Bumi dari PT. Pertamina (Persero).
Penerima beasiswa dari Universitas Hasanuddin 2019/Istimewa
Penerima beasiswa dari Universitas Hasanuddin 2019/Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Sebanyak 19 mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar lolos hingga tahap wawancara sebagai calon penerima Beasiswa Sobat Bumi dari PT. Pertamina (Persero). 

Mahasiswa tersebut berasal dari berbagai macam fakultas dan jurusan, mulai dari fakultas hukum, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas pertanian, fakultas peternakan, serta fakultas ilmu sosial dan ilmu politik dan berjuang untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya.

Sepanjang Rabu (13/5) kemarin hingga Kamis ini (14/5), ke-19 orang mahasiswa dan mahasiswi tersebut mengikuti wawancara daring/online dikarenakan pandemik Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia.

Mereka langsung diuji oleh jajaran manajemen PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII, Perwakilan Pertamina Fondation, salah satu direksi anak perusahaan Pertamina serta perwakilan Unhas Makassar.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan, mengatakan bahwa beasiswa ini merupakan program dari Pertamina Foundation yang diadakan sejak 2011.

"Tujuannya adalah mencari potensi pelajar di seluruh Indonesia yang mampu bersaing menjadi pemimpin millenial," ujarnya dalam keterangan kepada Bisnis.

Beasiswa Sobat Bumi merupakan bagian dari beasiswa PF Prestasi yaitu program pemberian bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya hidup, stimulan bantuan aksi sobat bumi dan/atau bantuan pendukung lainnya dalam rangka kegiatan pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada siswa/mahasiswa/masyarakat.

Ada sekitar 546 mahasiwa yang lolos seleksi tahap satu dari Beasiswa Sobat Bumi tahun ini dari sekitar 6.000 pendaftar, diantaranya 275 mahasiwa dalam Beasiswa Reguler S-1, 222 mahasiswa dalam Beasiswa Afirmasi, dan 49 mahasiwa dalam Beasiswa Vokasi.

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari, mengatakan bahwa ada begitu banyak mahasiswa berprestasi yang juga memiliki jiwa kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat. "Oleh karena itu, kami berusaha ketat untuk memilih pendaftar yang tepat agar tujuan tepat guna beasiswa ini dapat tercapai," ujarnya.

Sebagai wujud kepedulian Pertamina, lanjut Agus, tahun 2020 ini Pertamina menyiapkan sebagian kuota khusus bagi pendaftar yang terkena dampak Covid-19. "Wabah Covid-19 membuat ekonomi Indonesia terpukul sehingga masyarakat membutuhkan banyak uluran tangan. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi akan mendorong calon pemimpin millenial untuk menutup duka dan luka tersebut," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sitti Hamdana R
Editor : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper