Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sulut Dorong Pengembangan Produk Olahan Kelapa untuk Petani

“Jadi petani kelapa tak cuma tahu kopra saja, tapi ada turunan agroindustri yang akan diolah menjadi cemilan ringan, VCO dan minuman sehat,” katanya.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 12 Mei 2020  |  18:17 WIB
Pedagang musiman membawa buah kelapa - Antara/Irwansyah Putra
Pedagang musiman membawa buah kelapa - Antara/Irwansyah Putra

Bisnis.com, MANADO - Dinas Perkebunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggandeng Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) untuk program pengembangan kelapa di masa pandemi Covid-19.

Kadis Perkebunan Refly Ngantung mengatakan bahwa supaya petani kelapa sejahtera dan tidak berharap ke kopra lagi, maka akan dibuat pengembangan kelapa dengan turunannya.

“Karena itu kami menggandeng para akademisi Unsrat khususnya Fakultas Pertanian untuk membantu masyarakat petani kelapa," ujarnya, dikutip dari laman resmi Humas Pemprov Sulut, Selasa (12/2/2020).

Ngantung menjelaskan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw (ODSK) selalu memperhatikan petani Sulut dengan melakukan pemberdayaan terhadap petani.

“Jadi petani kelapa tak cuma tahu kopra saja, tapi ada turunan agroindustri yang akan diolah menjadi cemilan ringan, VCO dan minuman sehat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Unsrat Dedie Tooy mengapresiasi kepemimpinan ODSK karena di tengah pandemi corona terus memperhatikan rakyatnya, terutama petani kelapa.

“Karena kelapa sangat potensial dikembangkan mulai dari akar sampai daun. Kami tim Unsrat dan Dinas perkebunan Sulut sudah berdiskusi tentang sektor hilir Kelapa. Diharapkan akan semakin berdampak ke petani Sulut,” ujar Tooy.

Tooy menambahkan jika sektor hilir kelapa berjalan bagus akan meningkatkan kesejahteraan petani kelapa.

“Karena itu kami pun akan mendampingi petani untuk mengolah agroindustri kelapa mulai dari VCO, cemilan ringan dan minuman sehat, “ katanya menambahkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kelapa sulut
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top