Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laboratorium PCR BTKLPP Manado Beroperasi 1 Mei, RSUP Kandou Tunggu Reagen

Laboratorium pemeriksaan sampel terkait virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Utara akan mulai beroperasi pada Jumat (1/5/2020), sementara laboratorium di RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou masih menunggu pemasangan alat serta pasokan reagen spesifik.
RSUP Prof. Dr. R.D.Kandou, Kota Manado. Foto: Google Maps
RSUP Prof. Dr. R.D.Kandou, Kota Manado. Foto: Google Maps

Bisnis.com, MANADO  - Laboratorium pemeriksaan sampel terkait virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Utara akan mulai beroperasi pada Jumat (1/5/2020), sementara laboratorium di RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou masih menunggu pemasangan alat serta pasokan reagen spesifik.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steaven Dandel telah mengonfirmasi bahwa semua peralatan terkait real time Polymerase Chain Reaction (PCR) di laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado telah terpasang. Sehingga pada Kamis (30/4/2020), akan dilakukan uji coba dengan spesimen buatan.

"Per 1 Mei, akan mulai pemeriksaan real time PCR Covid-19 di Sulut. Jumat ini running dengan spesimen asli. Kamis-nya running dengan dummy atau spesimen buatan untuk menguji keandalan dan keakuratan real time PCR," ujar Steaven, Selasa malam (28/4/2020).

Dengan beroperasinya laboratorium PCR ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan diagnosa dan kecepatan penentuan status pasien dalam pengawasan (PDP) di Sulut. Sehingga tenaga medis dapat segera memberikan penanganan yang tepat bagi PDP, baik yang meninggal maupun yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut.

"Pertukaran pasien di ruang isolasi juga bisa menjadi lebih cepat sehingga kapasitas ruang isolasi bisa kami pertahankan di level medium, tidak sampai terisi penuh," kata Steaven.

Selain itu, lanjut Steaven, keberadaan laboratorium PCR ini juga akan membantu Satgas untuk menggambarkan secara detail pola penyebaran Covid-19 di Sulut. Harapannya, pembatasan penjangkitan transmisi Covid-19 bisa menjadi lebih efektif.

Laboratorium PCR lainnya juga tengah disiapkan di RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado. Menurut Steaven, operasional laboratorium di rumah sakit tersebut masih menunggu pemasangan alat serta pasokan reagen spesifik untuk pengujian Covid-19.

"Kita akan ikuti update Kandou kapan operasional karena sebenarnya yang ditunggu adalah reagen-reagen yang sedang dalam pengiriman. Sementara secara fisik, alatnya, sudah ready, tinggal setting," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler