Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Mandiri Area Manado Fokus Restrukturisasi Kredit Debitur UMKM

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Area Manado tengah fokus melakukan restrukturisasi kredit terhadap para debitur yang terdampak virus corona (Covid-19).
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 27 April 2020  |  14:35 WIB
Nasabah melakukan transaksi elektronik lewat ATM Bank Mandiri di Jakarta, Senin (1/10/2019). Bisnis - Nurul Hidayat
Nasabah melakukan transaksi elektronik lewat ATM Bank Mandiri di Jakarta, Senin (1/10/2019). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, MANADO-- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Area Manado, Sulawesi Utara, tengah fokus melakukan restrukturisasi kredit terhadap para debitur yang terdampak pandemi akibat virus corona (Covid-19).

Vice President Bank Mandiri Area Head Manado Tommy Leong mengatakan bahwa pihaknya siap dan tidak buang waktu untuk membantu debitur yang terdampak. Pemberian restrukturisasi diprioritaskan untuk debitur segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mengalami kesulitan likuiditas dan mengalami penurunan pendapatan akibat dampak Covid-19.

"Yang sudah mengajukan sekitar 800-an nasabah," ujar Tommy ketika dihubungi Bisnis, akhir pekan lalu.

Dia menuturkan skema pemberian restrukturisasi sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019.

Skema yang ditawarkan berupa penundaan (grace period) pembayaran angsuran pokok dan atau bunga sampai dengan maksimal 1 tahun.

Menurut Tommy, kondisi pandemi ini telah memberikan pukulan berat kepada pelaku usaha di sejumlah sektor, terutama sektor perhotelan, restoran, dan kafe. Sehingga program restrukturisasi dinilai akan bisa membantu meringankan beban para debitur.

"Kalau di sini hotel,restoran, kafe, itu semua terdampak. Hotel-hotel yang dulu okupansinya di atas 60 persen sekarang bahkan di bawah 10 persen. Sementara dia harus tetap pmenggaji orang," katanya.

Selain sektor UMKM, kata Tommy, Bank Mandiri juga melakukan restrukturisasi terhadap sektor lainnya, seperti debitur segmen consumer loan dan segmen mikro.

Sementara itu, sebagai bentuk kepedulian di tengah wabah Covid-19 ini, Bank Mandiri Area Manado juga turut memberikan bantuan kepada beberapa rumah sakit di Sulawesi Utara, seperti di RS Pancaran Kasih Manado berupa alat pelindung diri (APD) senilai Rp13,4 juta. Bantuan serupa juga diberikan kepada empat rumah sakit rujukan Covid-19 di Sulut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan bank mandiri covid-19
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top