Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Positif Covid-19 di Gorontalo 14 Orang, Peran Puskesmas Diperkuat

Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo mengemukakan bahwa jumlah pasien positif virus corona jenis Covid-19 di daerah itu sebanyak 14 orang.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 27 April 2020  |  14:40 WIB
Ilustrasi sampel darah yang terindikasi positif virus corona/Antara - Shutterstock
Ilustrasi sampel darah yang terindikasi positif virus corona/Antara - Shutterstock

Bisnis.com, GORONTALO – Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo mengemukakan bahwa jumlah pasien positif virus corona jenis Covid-19 di daerah itu sebanyak 14 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo, dr Triyanto Bialangi mengoreksi kekeliruan penginputan data di tingkat pusat. Data pasien positif corona yang diekspos di Provinsi Gorontalo berjumlah 15 orang.

“Sampai Minggu (26/4/2020) kami pastikan masih 14 orang yang positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab. Tidak ada penambahan jumlah kasus,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo, Triyanto Bialangi, sebagaimana dilansir laman resmi Pemprov pada Senin (27/4/2020).

Menurutnya, satu data positif corona sejatinya hasil tes swab milik pasien 09 berinisial RN. Dia sudah menjalani swab pertama di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, Sulawesi Selatan. Hasil tes swab kedua di Badan Pengawas Obat dan maklanan (BPOM) Gorontalo pun dia tetap positif.

“Ini hasil swab kedua dari BPOM Gorontalo yang menyatakan positif. Pasien 09 sebelumnya sudah positif hasil swab dari BBLK Makassar. Berarti pasien memang sudah terdaftar sebelumnya,” kata Triyanto.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta pemerintah daerah untuk fokus meningkatkan layanan kesehatan untuk menanggulangi wabah corona.

Untuk itu, dia meminta pemerintah kabupaten/kota agar memberi penguatan kepada pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

“Puskesmas sebagai fasilitas layanan primer harus mampu melakukan deteksi dini sehingga dapat cepat mengantisipasi wabah yang berpotensi menjadi kejadian luar biasa,” kata Rusli dalam video conference bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pada Senin (27/04/2020).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gorontalo Virus Corona
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top