Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelarangan Mudik, 10.000 Penerbangan di Bandara Makassar Batal

Kota Makassar menjadi salah satu wilayah yang tercatat sebagai zona merah virus Corona. 
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 25 April 2020  |  14:35 WIB
Aktifitas penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/2/2020).  - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Aktifitas penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/2/2020). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR — Sebanyak 10.000 penerbangan diprediksi batal beroperasi terimbas pengendalian mudik dalam upaya menekan penyebaran wabah Covid-19.

General Manager Angkasa Pura I Makassar, Wahyudi mengatakan 10.000 penerbangan yang dibatalkan itu sampai hingga 1 Juni 2020. "Kalau kita asumsikan sampai 1 Juni mungkin bisa 10 ribuan penerbangan yang dibatalkan sejak diberlakukannya larangan mudik per tanggal 24 April," kata Wahyudi, Sabtu (25/4/2020).

Seperti diketahui ada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idulfitri Tahun 1441 Hijriah Covid-19. Seluruh layanan penerbangan ditutup, utamanya penerbangan menuju daerah yang tercatat sebagai zona merah, Kota Makassar termasuk di dalam zona tersebut. 

Merujuk data Angkasa Pura I Makassar, sejak masifnya penyebaran Covid-19 pergerakan pesawat di Bandara Hasanuddin Makassar turun signifikan. Biasanya ada sebanyak 280 pergerakan pesawat saat normal dan pada pandemi turun hingga 50 persen.

"Pergerakan menurun sampai 130 pesawat per hari selama pandemi Covid-19 merebak," kata Wahyudi.

Kendati penerbangan penumpang ditutup sementara, Wahyudi menyatakan penerbangan untuk pengangkutan kargo masih tetap beroperasi di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Termasuk penerbangan yang mendapatkan izin dari pemerintah.

Bagi penumpang yang mengalami pembatalan keberangkatan manajemen Angkasa Pura I juga menyediakan fasilitas untuk melayani calon penumpang yang akan melakukan refund atau reschedule. Layanan tersebut menghadirkan seluruh maskapai penerbangan yang akan melayani calon penumpang.

"Kami sudah siapkan 18 meja untuk semua maskapai. Masing-masing diberi tiga untuk melayani reschedule atau refund tiket calon penumpang. Kami juga menyediakan tim Avsec untuk memastikan proses pelayanan berjalan aman," ungkap Wahyudi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan makassar bandara sultan hasanuddin
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top