Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasien Positif Covid-19 di Sulsel Bertambah Jadi Empat Orang

Jumlah pasien yang dinyatakan positif terjangkit Virus Coriona atau Covid-19 di Sulsel bertambah menjadi 2 orang. Dengan begitu, hingga Selasa (23/3/2020) sore, total jumlah pasien positif Covid-19 di Sulsel sudah berjumlah 4 orang.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  22:49 WIB
Ilustrasi virus corona - istimewa
Ilustrasi virus corona - istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Jumlah pasien yang dinyatakan positif terjangkit Virus Coriona atau Covid-19 di Sulsel bertambah menjadi 2 orang. Dengan begitu, hingga Selasa (23/3/2020) sore, total jumlah pasien positif Covid-19 di Sulsel sudah berjumlah 4 orang.

Di mana salah satunya, pasien positif Covid-19 tersebut telah meninggal pada 15 Maret 2020 lalu. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel Ichsan Mustari mengatakan tambahan dua pasien positif itu tercatat sebagai pasien Covid 309 dan Covid 557.

"Untuk pasien 309 merupakan warga Kota Makassar yang dirawat dan diperiksa swab di Jakarta. Hasilnya dinyatakan positif terjangkit Covid-19," ungkap Ichsan yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Selasa (24/3/2020).

Ia menjelaskan, pasien tersebut kemudian dirujuk ke Makassar sesuai prosedur yang ditetapkan oleh Kemenkes. Sebab pasien 309 merupakan warga yang berdomisili Makassar. Setibanya di Makassar, yang bersangkutan kemudian dirujuk ke RS Wahidin untuk diperiksa.

Namun, pasien tersebut saat ini menjalaniisolasi mandiri, karena kondisinya sudah dinyatakan membaik dan tidak lagi menampakkan gejala-gejala lain. Sementara untuk pasien 557, lanjut Ichsan, saat ini masih dalam perawatan di RSUD Andi Makkasau Parepare.

"Pasien 557 ini memiliki riwayat baru pulang dari menunaikan ibadah umrah pada 24 Februari sampai 8 Maret 2020. Setelah pulang, yang bersangkutan mengalami demam dan batuk. Pada 16 Maret, pasien kemudian dirawat di RS Fatimah Parepare. Lalu dirujuk ke RS Andi Makkasaru dengan keluhan batuk demam, dan sakit kepala," jelas Ichsan.

Ichsan menegaskan, Pemprov Sulsel dan seluruh pemerintah kabupaten/kota sudah melakukan langkah preventif dan serius dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 agar tak semakin meluas.

Tim yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel kata Ichsan terus bekerja untuk melakukan pelacakan atau contact tracing terhadap orang-orang yang pernah berinteraksi dengan pasien positif. Pihaknya juga terus mengimbau masyarakat agar tertib dalam melakukan social distancing atau phsyical distancing.

"Ini salah satu upaya kita untuk pemutusan mata rantai penularan Covid-19," tuturnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data terbaru yang dirilis di laman covid19.sulselprov.go.id yang merupakan website resmi informasi perkembangan kasus Covid-19 di Sulsel, hingga Selasa (24/3/2020) pukul 14:46 WITA, tercatat jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 149 ODP (113 pemantauan, 36 selesai pemantauan).

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 54 orang (7 sehat, 47 masih dirawat). Sementara, pasien positif Covid-19 jumlahnya bertambah menjadi 4 orang (1 meninggal, 3 masih dirawat). (k36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top