Sulut Lawan Corona: 371 Orang Dalam Pemantauan, 5 Pasien Dalam Pengawasan

Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara tengah melakukan pemantauan terhadap 371 orang dalam pemantauan (ODP) dan 5 pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus Corona jenis baru atau Covid-19.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  14:08 WIB
Sulut Lawan Corona: 371 Orang Dalam Pemantauan, 5 Pasien Dalam Pengawasan
Ilustrasi-Seorang perawat menunjukan fasilitas pendukung ruangan isolasi untuk mengantisipasi virus corona di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP), Dr.M.Djamil, Padang, Sumatera Barat, Selasa (28/1/2020). RSUP Dr M Djamil Padang menyiapkan dua ruang isolasi dan fasilitas pendukung lain untuk menangani pasien yang terkena virus corona dan penyakit infeksi menular lainnya. - ANTARA/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, MANADO - Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara tengah melakukan pemantauan terhadap 371 orang dalam pemantauan (ODP) dan 5 pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus Corona atau Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19 Debie K. R. Kalalo menyampaikan bahwa 5 pasien dalam pengawasan saat ini sedang menjalani perawatan di RSUP Prof. Kandou Manado.

Hal itu diinformasikan di laman resmi Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut, Jumat (20/3/2020).

Jumlah ODP terbanyak berada di Kota Manado yang mencapai 198 orang. Kemudian di Kabupaten Minahasa Utara 78 orang, Kota Bitung 41 orang, Kabupaten Minahasa 26 orang, Kota Tomohon 9 orang, Kabupaten Minahasa Tenggara 6 orang, Kabupaten Sitaro 4 orang, Kabupaten Minahasa Selatan 3 orang, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur 3 orang, Kotamobagu 2 orang, dan Bolaang Mongondow 1 orang.

Adapun ODP merupakan orang yang belum menunjukkan gejala sakit, namun sempat bepergian ke negara episentrum Covid-19 sehingga perlu dilakukan pemantauan.

Sedangkan PDP adalah orang yang sudah menunjukkan gejala terjangkit Covid-19, seperti mengalami demam, batuk, pilek, dan sesak napas. 

Hingga saat ini pasien terkonfirmasi positif Corona di Sulut tercatat baru 1 orang.

Sementara itu, guna mencegah penularan virus Corona, Satgas Covid-19 Sulawesi Utara kembali melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum. Satgas Covid-19 mengandeng BPBD Sulawesi Utara untuk melakukan penyemprotan.

Ada tujuh tempat umum yang menjadi fokus penyemprotan yakni Terminal Karombasan, Terminal Malalayang, Terminal Paal 2, Gereja GMIM Ayalon Karombasan, Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Kantor Manado Post.

Diharapkan dengan aksi penyemprotan yang simultan dilakukan, angka penularan Covid-19 dapat ditekan atau terputus mata rantai penularannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sulut, Virus Corona

Editor : Saeno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top