Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Banjir, Bupati Bolmong Larang Kepala Desa Keluarkan SKT di Kawasan Hutan

Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow menegaskan kepada seluruh kepala desa untuk tidak mengeluarkan Surat Keterangan Tanah(SKT) di kawasan hutan.
Ilustrasi./ANTARA-Aguk Sudarmo
Ilustrasi./ANTARA-Aguk Sudarmo

Bisnis.com, MANADO - Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow menegaskan kepada seluruh kepala desa untuk tidak mengeluarkan Surat Keterangan Tanah(SKT) di kawasan hutan.

Hal ini terkait dengan adanya rumor bahwa di hulu sungai Desa Domisil, Kecamatan Sang Tombolang, dijadikan tempat pembalakan liar sehingga mengakibatkan banjir bandang.

Yasti mengatakan bahwa kebanyakan masyarakat mengantungkan hidup dengan cara berkebun. Meski demikian, dia meminta masyarakat agar tidak lagi memperluas garapan supaya tidak lagi terjadi banjir bandang.

“Banjir ini sebagai contoh bahwa merusak hutan akan berdampak tidak baik bagi masyarakat. Banjir seperti ini sudah berulang di dua desa baik Desa Pangi dan Desa Domisil," ujarnya, dikutip dari rilis Dinas Komunikasi dan Informasi Bolmong, Senin (9/3/2020).

Untuk itu, Yasti mengimbau untuk tidak mengeluarkan SKT. Imbauan ini bukan hanya untuk kepala desa yang desanya terkena banjir bandang, namun juga berlaku bagi semua kepala desa yang ada di Bolaang Mongondow dan Bolaang Mongondow raya pada umumnya.

Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Bolmong pada Rabu (4/3/2020) menyebabkan sejumlah rumah rata dengan tanah dan puluhan rumah lainnya rusak berat. Jalan nasional juga terputus sehingga ratusan kendaraan yang hendak menuju Bolaang Mongondow Utara dan Provinsi Gorontalo tak bisa melintas.

Adapun, banjir di Desa Domisil mengakibatkan 66 KK (250 jiwa) mengungsi. Kerugian di desa ini diperkirakan mencapai Rp1,2 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper