Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPMPTSP Kota Bitung Raih Nilai Tertinggi dari Ombudsman

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bitung mendapatkan nilai tertinggi dari Ombudsman untuk hasil penilaian penyelenggaraan pelayanan publik perangkat dearah Pemerintah Kota Bitung.
Pelabuhan Bitung/inaport4.co.id
Pelabuhan Bitung/inaport4.co.id

Bisnis.com, MANADO - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bitung mendapatkan nilai tertinggi dari Ombudsman untuk hasil penilaian penyelenggaraan pelayanan publik perangkat dearah Pemerintah Kota Bitung.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bitung/Kepala Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung Andrias G. Tirayoh mengungkapkan Ombudsman telah melakukan paparan terkait penyelenggaraan pelayanan publik di tingkat Pemerintah Kota Bitung. Hasilnya, DPMPTSP mendapat nilai paling tinggi.

Andrias menyebut pencapaian itu karena DPMPTSP Kota Bitung melakukan pelayanan publik sesuai dengan Undang Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“UU Nomor 25 Tahun 2009 kami penuhi mulai dari sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta kelembagaan di PTSP kami penuhi,” jelasnya kepada Bisnis, Senin (24/2/2020).

Lebih lanjut, Andrias menjelaskan bahwa terdapat tiga pelayanan yang diberikan oleh PTSP Kota Bitung. Hal itu mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik (OSS).

Adapun, tiga pelayanan itu yakni layanan mandiri, layanan perbantuan, serta layanan ekslusif untuk investor di KEK Bitung.

“Kami di DPMPTSP/ADM KEK Bitung telah melaksanakannya apalagi dengan program dan inisiatif Wali Kota Bitung telah dibentuk Mal Pelayanan Publik di mana semua pelayanan disatukan dalam satu pintu DPMPTSP,” jelasnya.

Berdasarkan data DPMPTSP Kota Bitung, realisasi penanaman modal asing (PMA) mencapai Rp4,49 triliun pada 2019. Realisasi itu naik 141,39% dibandingkan dengan Rp1,86 triliun tahun sebelumnya.

Dari sisi penanaman modal dalam negeri (PMDN), realisasi tercatat senilai Rp1,28 triliun pada 2019. Pencapaian itu naik 141,01% dari Rp534,88 miliar untuk periode 2018.

Untuk PMDN, sektor sekunder atau industri mendominasi investasi dengan total Rp847,20 miliar. Posisi selanjutnya ditempati sektor primer Rp228,51 miliar dan sektor tersier atau jasa Rp186,41 miliar.

Dengan demikian, total realisasi investasi PMA dan PMDN Kota Bitung senilai Rp5,78 triliun pada 2019. Jumlah tersebut naik 141,84% dibandingkan dengan Rp2,39 triliun tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler