Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank SulutGo Andalkan KUR Dongkrak Kredit UMKM

PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo atau Bank SulutGo membidik pertumbuhan penyaluran kredit kepada pelaku usaha kecil mikro dan menengah melalui program kredit usaha rakyat.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 19 Februari 2020  |  15:36 WIB
Bank SulutGo Andalkan KUR Dongkrak Kredit UMKM
Direktur Utama PT Bank Sulutgo Jeffry A.M. Dendeng - Bisnis/Akhirul Anwar
Bagikan

Bisnis.com, MANADO - PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo atau Bank SulutGo membidik pertumbuhan penyaluran kredit kepada pelaku usaha kecil mikro dan menengah melalui program kredit usaha rakyat.

Direktur Utama Bank SulutGo Jeffry A. M. Dendeng mengungkapkan pertumbuhan penyaluran kredit produktif perseroan sebesar 4 persen pada 2019. Akan tetapi, pihaknya menyebut pertumbuhan penyaluran kepada usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) tahun lalu lebih rendah dari periode 2018.

“Tahun ini akan kami push lagi termasuk mulai menyalurkan kredit usaha rakyat [KUR]. KUR ini diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan kredit UMKM,” jelasnya kepada Bisnis, Rabu (19/2/2020).

Jeffry menuturkan penyaluran KUR sudah mulai dilakukan perseroan sejak Februari 2020. Pihaknya akan melihat realisasi program itu pada akhir bulan ini.

“Plafon yang diizinkan baru Rp60 miliar, kalau bisa dicapai maka kami akan mintakan tambahan,” ujarnya.

Untuk mempercepat penyaluran KUR, dia mengatakan perseroan melakukan pertemuan secara langsung dengan pelaku UMKM. Selain itu, Bank SulutGo juga melakukan pendekatan secara kelompok dengan menggandeng koperasi.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Bank SulutGo, dan Raewaya Group melalui Koperasi Tuama Raewaya telah meneken perjanjian kerja sama untuk pola kemitraan peningkatan produktivitas dan pemasaran jagung di wilayah Bolaang Mongondow Utara, Selasa (28/1/2020).

Perjanjian kerja sama (PKS) bertujuan meningkatkan perekonomian rakyat, khususnya para petani. Hal itu dilakukan lewat penyaluran KUR.

Bank SulutGo mengharapkan penyaluran KUR dapat tepat sasaran melalui PKS yang telah ditandatangani. Dengan demikian, manfaat dapat dirasakan oleh petani yang meningkat kesejahteraannya.

Sebelumnya, Pemilik Raewaya Group Joune Ganda mengungkapkan kerja sama dengan Bank SulutGo dalam penyaluran KUR merupakan dukungan perseroan terhadap program strategis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan perbankan di bidang pertanian. Pihaknya berharap petani di wilayah itu dapat memanfaatkan paket KUR.

“Kerja sama ini merupakan komitmen dan keikutsertaan Raewaya Group dalam mendukung dan menyukseskan pembangunan ekonomi kerakyatan yang menjadi program unggulan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank sulutgo
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top