Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Realisasi Investasi Rp8,3 Triliun Serap 19.632 Tenaga Kerja di Gorontalo

Dinas Penanaman Modal Energi Sumber Daya Mineral dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo melaporkan realisasi investasi Rp8,3 triliun pada 2019 atau tumbuh 11,6 persen secara tahunan.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 13 Februari 2020  |  09:40 WIB
Warga mengunjungi lokasi pembangunan Taman Budaya Limboto di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Selasa (1/1/2019). - ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin
Warga mengunjungi lokasi pembangunan Taman Budaya Limboto di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Selasa (1/1/2019). - ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Bisnis.com,MANADO— Dinas Penanaman Modal Energi Sumber Daya Mineral dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo melaporkan realisasi investasi Rp8,3 triliun pada 2019 atau tumbuh 11,6 persen secara tahunan.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Transmigrasi Rugaya Biki menjelaskan bahwa pencapaian realisasi investasi itu berasal dari tiga model investasi yakni penanaman modal asing (PMA), penanaman modal dalam negeri (PMDN), dan PMDN non sistem pelayanan informasi dan perizinan secara elektronik (SPIPISE).

Dari tiga model investasi itu, terdapat lima sektor yang berperan penting yaitu jasa lainnya senilai Rp1,9 triliun atau naik 26 persen, listrik, air, dan gas senilai Rp1,6 triliun atau naik 139 persen, pertambangan Rp1,5 triliun atau naik 1 persen, perdagangan dan reparasi senilai Rp1,2 triliun atau naik 12 persen, serta industri senilai Rp567 miliar atau naik 9 persen.

Rugaya juga mengungkapkan realisasi investasi 2019 mampu menyerap 19.632 orang tenaga kerja. Jumlah itu naik 120 persen dari periode 2018.

“Angka capaian tambahan tenaga kerja ini positif bagi upaya pemerintah untuk mendorong terjadinya penciptaan lapangan kerja,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (13/2/2020).

Dia menambahkan telah dibangun aplikasi potensi investasi provinsi gorontalo (APIG). Tujuannya, untuk meningkatkan investasi di Gorontalo pada 2020.

APIG diklaim akan memudahkan dinas penanaman modal yang ada di kabupaten atau kota dalam memasukan data potensi investasi di wilayah masing-masing. Selain itu, Dinas Penanaman Modal juga akan membuka gerai pelayanan perizinan daring atau online.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo Darda Daraba mengingatkan agar Dinas Penanaman Modal ESDM dan Transmigrasi harus memberikan kemudahan bagi para investor dalam mengakses informasi khususnya data potensi investasi. Selain itu, harus diberikan kemudahan akses dalam pengurusan izin investasi.

“Peningkatan investasi harus sejalan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Rugaya.

Adapun, Gorontalo ditargetkan dapat mencapai target realisasi investasi Rp8,9 triliun pada 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi lapangan kerja
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top