Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bendera 2.301 Meter di Gorontalo Masuk Rekor MURI

Pembentangan bendera merah putih di Provinsi Gorontalo sepanjang 2.301 meter dan lebar 3 meter masuk ke dalam MURI untuk kategori bendera merah putih terpanjang.

Bisnis.com,MANADO -  Pembentangan bendera merah putih di Provinsi Gorontalo sepanjang 2.301 meter dan lebar 3 meter masuk ke dalam MURI untuk kategori bendera merah putih terpanjang.

Kegiatan itu dilakukan dalam memperingati Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang ke-78, di Gorontalo, Kamis (23/1/2020). Pembentangan itu disaksikan langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim.

Bendera sepanjang 2.301 meter dibentangkan dari pintu gerbang Universitas Negeri Gorontalo, Kota Gorontalo hingga Kantor Pos Kota Gorontalo. Adapun, pembentangan dilakukan oleh 2.301 siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang ada di Gorontalo.

Rusli mengharapkan momentum Hari Patriotik dapat memacu semangat putra dan putri Gorontalo untuk terus melakukan pembangunan di daerah. Bahkan, pihaknya meminta Gorontalo mencetak lebih banyak rekor dalam hal bernilai positif.

“Kalau dulu semangat mereka [pahlawan] bagaimana mengusir penjajah, sekarang kita semangatnya untuk membangun Provinsi Gorontalo,” jelasnya dalam siaran pers, Kamis (23/1/2020).

Senior Manager Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Yusuf Ngatri mengungkapkan Gorontalo telah mencetak rekor sebanyak 16 kali pada rentang 2005-2019. Pihaknya berharap pencapain baru dapat terus diciptakan dari wilayah tersebut.

"MURI menyatakan perentangan bendera merah putih sepanjang 2.301 meter oleh 2.301 siswa kami nyatakan sebagai rekor dunia,” ujarnya. Seperti diketahui, pembentangan bendera merah putih terpanjang itu menghabiskan 102 gulungan kain, 8 lusin benang, dan 4 mesin jahit. Adapun, proses penjahitan dilakukan dengan mesin dan jahit tangan oleh delapan pekerja.

Tonton video bendera 2.301 meter itu dari akun Youtube Rhey Sakur di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper