Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Empat Aspek Fokus BPKP Provinsi Gorontalo

Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Provinsi Gorontalo menyerahkan laporan pengawasan periode 2019 kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Senin (13/1/2020).
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 13 Januari 2020  |  14:25 WIB
BPKP Gorontalo. - bpkp.go.id
BPKP Gorontalo. - bpkp.go.id

Bisnis.com, MANADO — Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Provinsi Gorontalo menyerahkan laporan pengawasan periode 2019 kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Senin (13/1/2020).

Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Gorontalo Supriyadi mengungkapkan terdapat empat aspek penting yang menjadi fokus yakni pelaksanaan proyek strategis nasional (PSN), peningkatan fiskal daerah, pengamanan aset negara, dan tata kelola pemerintahan.

Sebagai contoh, Supriyadi menyoroti PSN pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Anggrek. Menurutnya, proyek itu sudah cukup baik dan telah mencapai progres pekerjaan fisik 96% sampai dengan akhir 2019.

“Kami juga melihat pembangunan waduk di Bulango Ulu. Kami berharap proses pembebasan lahannya kami ikut dilibatkan untuk pegawasannya,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (13/1/2020).

Dari sisi peningkatan fiskal, dia melihat pendapatan daerah semua kabupaten, kota, dan provinsi masih sangat minim. Pihaknya menyebut intervensi alokasi dana dari pemerintah pusat masih lebih besar terhadap keuangan Gorontalo.

Evaluasi lainnya yang dilakukan oleh BPKP Provinsi Gorontalo yakni menyangkut pengamanan aset. Dari situ, ditemukan ada badan usaha milik daerah (BUMD) yang telah lama berhenti beroperasi.

“Kami sampaikan ke Gubernur jika ingin dihidupkan kembali harus ada rencana strategis yang bagus dan kepengurusan profesional sehingga tidak rugi,” jelas Supriyadi.

Sementara itu, dia menilai tata kelola pemerintahan di Gorontalo sudah berjalan dengan baik. Menurutnya, kualitas aparat pengawasan internal pemerintah (APIP) di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo sudah sangat baik dengan meraih penghargaan APIP Level 3.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gorontalo bpkp
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top