PLTU Sulbagut-1 Ditarget Rampung Kuartal IV/2020

PT Toba Bara Sejahtra Tbk. menargetkan pembangunan pembangkit listrik tenaga uap Sulbagut-1, di Provinsi Gorontalo, rampung pada kuartal IV/2020.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 09 Januari 2020  |  14:30 WIB
PLTU Sulbagut-1 Ditarget Rampung Kuartal IV/2020
Teknisi melakukan perawatan rutin perbaikan jaringan listrik di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (12/2). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MANADO — PT Toba Bara Sejahtra Tbk. menargetkan pembangunan pembangkit listrik tenaga uap Sulbagut-1, di Provinsi Gorontalo, rampung pada kuartal IV/2020.

Pingkan Ratna Melati, Sekretaris Perusahaan Toba Bara Sejahtra mengungkapkan saat ini pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Sulbagut-1 tengah dalam tahap konstruksi. Menurutnya, fasilitas itu akan memiliki kapasitas 2x50 megawatt (MW). 

Pingkan menjelaskan bahwa progres earthworks dan foundation works di PLTU Sulbagut-1 telah mencapai 70%. Adapun, progres boiler steel structure installation telah mencapai 95%.

“Untuk PLTU Sulbagut-1 ditargetkan akan selesai pada kuartal IV/2020,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (9/1/2020).

Toba Bara Sejahtra mengembangkan PLTU Sulbagut-1 melalui entitas anak, PT PT Gorontalo Listrik Perdana (GLP). Perkiraan project cost fasilitas itu mencapai US$224 juta.

Perseroan dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah meneken perjanjian jual beli listrik atau power purchasing agreement (PPA) pada 14 Juli 2016 dengan jangka waktu perjanjian 25 tahun setelah commercial operation date (COD).

Toba Bara Sejahtra melalui entitas anak, PT Minahasa Cahaya Lestari (MCL) juga tengah mengembangkan PLTU Sulut-3 di Provinsi Sulawesi Utara. Fasilitas itu memiliki kapasitas 2x50 MW dengan perkiraan project cost US$209 juta.

Pingkan menyebut PLTU Sulut-3 juga tengah dalam progres konstruksi. Pihaknya menargetkan pembangunan akan rampung pada kuartal II/2021.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pltu, gorontalo, sulut

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top