Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fiberisasi Jaringan di Sulawesi Upaya XL Axiata Dorong Pembangunan Daerah

Tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi saat ini menjadi salah satu poin kemajuan suatu daerah. Atas dasar itu, PT XL Axiata berupaya memberikan dukungan untuk mendorong pembangunan daerah di wilayah Sulawesi.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 19 Desember 2019  |  11:22 WIB

Bisnis.com, MAKASSAR -- Tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi saat ini menjadi salah satu poin kemajuan suatu daerah. Atas dasar itu, PT XL Axiata berupaya memberikan dukungan untuk mendorong pembangunan daerah di wilayah Sulawesi. Salah satu langkah strategis yang dilakukan yakni melakukan fiberisasi jaringan.

Group Head East Region XL Axiata Bambang Parikesit menyatakan fiberisasi jaringan di seluruh Sulawesi juga merupakan upaya untuk mendukung pengembangan potensi ekonomi. Langkah tersebut juga searah dengan upaya memaksimalkan kualitas layanan data.

"Apalagi mengingat trafik penggunaan layanan data oleh pelanggan di seluruh wilayah Sulawesi terus mengalami peningkatan. Dengan fiberisasi, maka kapasitas jaringan data XL Axiata bisa diperbesar," jelas Bambang. 

Semakin besarnya kapasitas jaringan data XL Axiata lanjutnya lagi, diharap mampu memenuhi kebutuhan pelanggan perorangan dan dunia usaha, termasuk bagi pelaku usaha kecil menengah. Proses fiberisasi sendiri telah terlaksana di sebagian besar wilayah Sulawesi 

Salah satu daerah di mana 100% jaringan XL Axiata sudah terfiberisasi yakni Kota Makassar. Menurut Bambang, pembangunan jaringan layanan data di Sulawesi juga disesuaikan dengan arah pembangunan yang ditetapkan pemerintah daerah setempat.

"Fiberisasi ini juga perlu XL Axiata laksanakan karena pertumbuhan trafik data yang cukup tinggi di seluruh Sulawesi," kata Bambang.

Sepanjang 2019, trafik data di seluruh Sulawesi meningkat sekitar 55%. Jumlah pelanggan data juga mengalami peningkatan hingga 95% dari total 1,5 juta pelanggan di Sulawesi.  Khusus untuk Sulawesi Selatan, trafik data meningkat sekitar 60% dengan jumlah pelanggan data sekitar 95% dari total pelanggan.

Adapun memasuki periode Natal dan Tahun Baru Bambang menyebut dengan jaringan yang elah terfiberisasi XL Axiata juga siap melayani para pelanggan yang akan menikmati liburan akhir tahun di berbagai kota, termasuk di kawasan wisata populer di Sulawesi. 

Tercatat  pada 2018 lalu, trafik data meningkat sekitar 80% dibandingkan hari-hari biasa. Sementara pada periode pergantuan tahun 2019 ini, diprediksi terjadi kenaikan trafik sekitar 15% untuk layanan data, layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi.

Dari total 1,5 juta pelanggan di Sulawesi diperkuat dengan adanya sekitar 5.300 BTS termasuk lebih dari 2.400 BTS 3G dan lebih dari 1.800 BTS 4G. Khusus di Sulsel, XL Axiata memiliki sebanyak 1,1 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 3.100 BTS termasuk lebih dari 1.300 BTS 3G dan sekitar 1.200 BTS 4G. 

"Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 63 kota/kabupaten. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas dan layanan lainnya," jelas Bambang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top