Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

APBD 2020 Gorontalo Utara Ditetapkan Rp856 Miliar

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020, Kabupaten Gorontalo Utara secara resmi ditetapkan, Selasa (26/11), melalui sidang paripurna dewan setempat yang antara lain dihadiri Bupati Indra Yasin.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 November 2019  |  04:28 WIB
Bupati Indra Yasin (kanan) - Antara
Bupati Indra Yasin (kanan) - Antara

Bisnis.com, GORONTALO - Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020, Kabupaten Gorontalo Utara secara resmi ditetapkan, Selasa (26/11), melalui sidang paripurna dewan setempat yang antara lain dihadiri Bupati Indra Yasin.

Bupati Indra Yasin dalam sambutan rapat paripurna yang berlangsung hingga malam hari itu, mengapresiasi kinerja badan anggaran serta seluruh anggota DPRD yang telah melakukan pembahasan anggaran dengan sungguh-sungguh, meski harus mengorbankan banyak waktu, termasuk saat libur akhir pekan.

Keterbatasan anggaran, katanya, membuat banyak kebutuhan dasar dan wajib yang menjadi program prioritas pemerintah daerah, belum tersentuh secara optimal.

Ia juga mengatakan banyak masukan dari DPRD, baik saran, pendapat, maupun koreksi, dalam rangka memilih dan memilah program-program prioritas agar mendapat porsi lebih banyak menyentuh dan dinikmati masyarakat.

"APBD Tahun Anggaran 2020 siap dilaksanakan dan pemerintah daerah berkeyakinan jika pemanfaatannya lebih besar untuk pembangunan daerah yang akan bermuara pada kepentingan masyarakat," katanya.

Hadir pula dalam rapat paripurna DPRD setempat itu, antara lain Sekretaris Daerah (Sekda) Ridwan Yasin serta para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimnda).

Sekda yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Gorontalo Utara Ridwan Yasin, bersyukur atas penetapan APBD yang dilakukan tepat waktu tersebut, meskipun harus melalui proses pembahasan rencana kegiatan anggaran yang cukup panjang dilalui bersama Badan Anggaran DPRD.

"Kita berhasil menetapkan lebih awal APBD 2020, dibanding kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Gorontalo," ujarnya.

Ia optimistis keberhasilan tersebut akan diapresiasi oleh pemerintah pusat. Ridwan menjelaskan total APBD Tahun Anggaran 2020 mencapai Rp856 miliar atau naik 6,5 persen daripada 2019 yang mencapai Rp804 miliar.

Ia menyebut perbandingan antara belanja publik dan belanja aparatur, yaitu 60 berbanding 40 persen yang artinya TAPD bersama Badan Anggaran DPRD telah berhasil memformulasikan angka-angka yang berpihak kepada kepentingan masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gorontalo

Sumber : Antara

Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top