Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Patung B.J. Habibie di Gorontalo Diresmikan

Patung dan taman Presiden ke-3 Indonesia, B.J. Habibie, di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo diresmikan, Senin (25/11/2019).
Presiden ketiga RI B. J. Habibie./Antara
Presiden ketiga RI B. J. Habibie./Antara

Bisnis.com, MANADO - Patung dan taman Presiden ke-3 Indonesia, B.J. Habibie, di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo diresmikan, Senin (25/11/2019).

Peresemian ditandai dengan pemasangan prasasti yang telah ditandatangani oleh dua putra B.J. Habibie yakni Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie. Prosesi itu dihadiri oleh sejumlah saudara kandung B.J. Habibie dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Rusli mengungkapkan sebelum meninggal B.J Habibie sempat berencana untuk datang langsung ke Gorontalo untuk meresmikan patung. Akan tetapi, Presiden ke-3 Indonesia itu tutup usia pada 11 September 2019.

“Oleh karena itu, putra tertua Beliau, Ilham Habibie yang akan meresmikan,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (25/11/2019).

Patung B.J. Habibie terbuat dari bahan perunggu. Pembuatan patung menelan dana Rp1,9 miliar dan taman senilai Rp1,7 miliar.

Adapun, desain patung dirancang oleh warga Gorontal M. Angga Restu Dinata dan dibuat oleh dua seniman Yogyakarta, Soewardi dan Luste Morin.

Rusli menjelaskan bahwa lokasi patung sengaja di pintu masuk Bandara Jalaludin, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. Tujuannya, untuk memberikan penghormatan kepada B.J. Habibie. 

“Beliau selalu mengatakan saya orang Gorontalo, tetapi belum ada satu monumen yang bisa diingat bahwa Presiden ke-3, yang diakui oleh dunia ilmunya, berasal dari Gorontalo,” paparnya.

Sementara itu, Ilham mengapresiasi pemerintah dan masyarakat Gorontalo yang telah mengabadikan sosok sang ayah ke dalam bentuk patung. Dia mengisahkan perjuangan B.J. Habibie merintis pesawat terbang pada era 1970.

Saat itu, lanjut dia, masyarakat Indonesia masih awam dan meragukan industri tersebut. Pasalnya, penduduk di dalam negeri masih fokus untuk pembangunan dan pertanian

“Pesawat menjadi infrastruktur dasar dengan kondisi 5.100 kilometer luasnya dan lebih dari 17.000 pulau,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler