Pemprov Gorontalo Rancang Pembangunan Jaringan Listrik Atas laut

Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangunan Kelistrikan Area Gorontalo membahas pembangunan jaringan listrik atas laut.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 12 September 2019  |  11:45 WIB
Pemprov Gorontalo Rancang Pembangunan Jaringan Listrik Atas laut
Teknisi melakukan penggantian kabel listrik Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Surabaya, Kamis (28/9). - ANTARA/Didik Suhartono

Bisnis.com, MANADO— Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangunan Kelistrikan Area Gorontalo membahas pembangunan jaringan listrik atas laut.

Kepala Bidang Energi dan Ketenagalistrikan Dinas Penanaman Modal Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo Rasam Sabaya menjelaskan bahwa telah ada kesepakatan dalam pembahasan tersebut. Salah satunya untuk melaksanakan pembangunan jaringan listrik di daerah yang belum berlistrik.

Adapun, pembangunan juga termasuk pembangunan jaringan listrik atas laut antara Desa Ilangata dan Pulau Dudepo Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara.

Rasam mengatakan kajian dan analisa teknis kelistrikan yang disusun oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Unit Pelaksana Pembangunan Kelistrikan (UPPK) PLN Area Gorontalo secara ketanagalistrikan sudah dapat diterima oleh Distrik Navigasi Bitung. 

Akan tetapi, perlu dilakukan kajian dari sisi kelautan khususnya kajian hidrologi kelautan, termasuk lalu lintas kapal di perairan serta rencana pengembangan pelabuhan Anggrek ke depan.

Rasam menyebut akan dilakukan lagi survei teknis bersama antara Distrik Navigasi Bitung, Pemerintah Daerah, serta PLN Area Gorontalo. 

“Survei teknis hidrologi kelautan akan dilakukan setelah surat permohonan pembangunan jaringan listrik atas laut dari PLN diterima oleh Distrik Navigasi Bitung,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (12/9/2019).

Dinas Penanaman Modal ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo pun meminta kepada pimpinan kantor Distrik Navigasi Bitung untuk memprioritaskan dan mempercepat pelaksanaan kegiatan survei teknis hidrologi kelautan. Hal itu sejalan dengan program percepatan elektrifikasi target desa berlistrik 100 persen pada 2020.

Dengan demikian, kantor Distrik Navigasi Bitung akan mengubah jadwal kegiatan survei kelautan yang telah direncanakan di berbagai lokasi dan akan memperioritaskan kegiatan survei hidrologi kelautan di lokasi pembangunan jaringan listrik Gorontalo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN, listrik, gorontalo

Editor : Lucky Leonard

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top