Pemprov Sulut Sambut Wacana Penetapan Manado Sebagai Kota Metropolitan

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyambut positif wacana penetapan Manado sebagai kota metropolitan seiring dengan rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 30 Agustus 2019  |  19:44 WIB
Pemprov Sulut Sambut Wacana Penetapan Manado Sebagai Kota Metropolitan
Perkembangan proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara pada Selasa (3/7/2018). - Istimewa/PT Jasamarga Manado Bitung

Bisnis.com, MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyambut positif wacana penetapan Manado sebagai kota metropolitan seiring dengan rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, penetapan itu akan memberikan dampak positif bagi Manado khususnya dari sisi pariwisata. Menurutnya, status kota metropolitan akan mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Kota Tinutuan.

“Dengan dijadikan kota metropolitan otomatis akan lebih banyak wisatawan yang akan datang ke Manado sehingga perputaran ekonomi di Manado lebih bagus, lebih banyak investor datang,” katanya dikutip dari siaran pers, Jumat (30/8/2019).

Dia mengatakan hal itu akan berdampak terhadap geliat pembangunan infrastruktur di Manado dan penyerapan tenaga kerja. Menurutnya, salah satu fokus yang akan menjadi fokus Pemprov Sulut ke depan adalah mempersiapkan kualitas tenaga kerja.

Salah satu upaya peningkatan kualitas tenaga kerja telah dilakukan Pemprov Sulut dengan mengirim 200 pelajar asal Sulut untuk belajar di Cina. Menurutnya keunggulan SDM memegang peran penting dalam pembangunan sektor pariwisata di Sulut.

“Supaya nanti kalau ada turis datang ke Manado kita bisa gunakan SDM kita di Manado,” ucapnya.

Dia menambahkan pembangunan Manado sebagai kota Metropolitan juga perlu didukung oleh sinergi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Dia menjelaskan, pembiayaan proyek infrastruktur di Sulut akan ditanggung pemerintah pusat dan tidak akan menambah beban fiskal Manado.

“Semua akan terlaksana jika ada sinergitas antara pemerintah pusat, Pemprov Sulut dan Pemerintah Kota Manado,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
manado, sulut

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top