Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lokasi Rencana Pembangunan Jembatan Molintogupo Dipindahkan

Titik koordinat pembangunan Jembatan Molintogupo, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango diubah untuk menyesuaikan dengan kondisi lapangan.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  20:17 WIB
Ilustrasi Jembatan - ANTARA/Arief BM
Ilustrasi Jembatan - ANTARA/Arief BM

Bisnis.com, MANADO – Titik koordinat pembangunan Jembatan Molintogupo, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango diubah untuk menyesuaikan dengan kondisi lapangan.

Kepala Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruaang (PUPR) Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto mengatakan bahwa koordinat yang ditetapkan sebelumnya terletak di lekungan sungai yang dapat merusak fisik jembatan.

Titik lokasi pembangunan jembatan molintogupo yang masuk pada RENJA dinas PUPR Provinsi Gorontalo 2020 itu bergeser sekitar 500 meter dari titik jembatan yang lama. Namun, pemindahan ini masih menunggu kajian serta evaluasi teknis.

“Kenapa titik koordinatnya digeser, karena lokasi jembatan lama berada pada lengkungan sungai yang mengakibatkan aliran air di sungai bone itu terjadi turbulensi, sehingga membahayakan abutment [penyangga] jembatan,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Selasa (13/8/2019)

Menurutnya, dengan jarak sekitar 500 meter ke arah barat atau hilir terdapat lokasi yang lurus dengan bentang 2×35 meter atau sekitar 70 meter. Jarak tersebut yang akan dihitung untuk pembangunan jembatan beton dengan panjang sekitar 70 meter.

Dia mengharapkan, Pemkab Bone Bolango dapat memfasilitasi pengadaan lahan sesuai dengan rencana pembangunan yang baru. Lahan yang kini diproyeksikan untuk jembatan itu berada di area yang sama dengan Pompa Air Tanpa Motor (PATM) dan ujung luarnya mengarah ke Molintogupo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gorontalo jembatan
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top