Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulsel Siapkan 50.000 Ribu Ekor Hewan Kurban

Guna memenuhi kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 2019, Pemprov Sulsel menyiapkan 50 ekor sapi potong yang diap disembelih.
Ilustrasi/Harviyan Perdana Putra
Ilustrasi/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, MAKASSAR -- Guna memenuhi kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 2019, Pemprov Sulsel menyiapkan 50 ekor sapi potong yang diap disembelih.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sulsel, Abdul Azis dari total tersebut Sulsel juga menyuplai sapi potong ke sejumlah daerah. 

"Khusus untun Sulsel kita siapkan 26 ribu ekor sapi potong. Selebihnya akan kita suplai keluar Sulsel," kata Azis, Kamis (8/8/2019).

Setiap tahunnya, Sulsel menjadi daerah penyuplai hewan kurban. Adapun daerah yang disuplai yakni Kalimantan dan sejumlah dari kawasan timur Indonesia lainnya.

Azis mengatakan, untuk stok hewan kurban yang disediakan itu berasal dari beberapa daerah di Sulsel. Di antaranya Kabupaten Sinjai, Bone, Sidrap, Maros, dan Bulukumba.

Untuk menjaga keamanan hewan kurban yang ada, Dinas Peternakan Sulsel juga telah melakukan sejumlah antisipasi. Salah satunya dengan melakukan pelatihan pada juru sembelih hewan kurban.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, Dinas Peternakan akan melakukan pemeriksaan mulai dari anti mortem yaitu kesehatan fisik pada hewan dan pemeriksaan pos mortem atau pemeriksaan setelah hewan disembelih, seperti pada daging dan jeroan hewan.

"Kami membagikan surat edaran ke seluruh kabupaten/kota untuk menjaga keamanan hewan kurban yang akan disembelih," jelas Azis.

Seluruh hewan kurban yang akan disembelih dipastikan memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari dokter hewan setempat. Hal itu untuk menjamin kelayakan sapi potong tersebut. (k36)

Sementara itu, di lingkup Pemprov Sulsel. Biro Kesejahteraan Masyarakat Setda Sulsel mencatat ada 54 ekor sapi yang rencananya akan dikurbankan.

Kepala Biro Kesra Setda Sulsel, Suherman mengatakan, sementara ini hewan kurban tersebut ada yang dikelola oleh OPD bersangkutan untuk kemudian hanya dilaporkan ke Biro Kesra sebagai pengelola.

"Jumlah 54 ekor itu tu belum final, karena masih ada yang belum terlapor. Tapi minimal 1 ekor tiap OPD untuk dikurbankan di lebaran Idul Adha tahun ini," kata Herman. 

Tahun ini, ditargetkan OPD lingkup Pemprov Sulsel mengurbankan minimal 60 ekor hewan kurban. Adapun pada 2018 lalu tercatat ada 100 ekor lebih hewan kurban yang disembelih. Beberapa di antaranya merupakan sumbangan dari pihak swasta dan perbankan.

"Tahun lalu ada sebenarnya sekitar 100 ekor. Tapi itu bukan kita full. Ada pihak juga pihak perbankan digabung sama OPD. Sekitar 63 ekor tahun lalu yang dikurbankan di lingkup OPD Pemprov Sulsel," terang Herman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper