Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Gorontalo Terbitkan Sertifikat Surat Elektronik

Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik menerbitkan sertifikat elektronik berupa fail P12 untuk menjamin keamanan informasi pemerintah.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 08 Agustus 2019  |  19:46 WIB
Ilustrasi aktivitas di depan komputer. - REUTERS/Kacper Pempel
Ilustrasi aktivitas di depan komputer. - REUTERS/Kacper Pempel

Bisnis.com, MANADO – Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik menerbitkan sertifikat elektronik berupa fail P12 untuk menjamin keamanan informasi pemerintah.

Plt. Kadis Kominfo dan Statistik M. Jamal Nganro menuturkan, penerbitan sertifikat itu dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) bersama Balai Sertifikat Elektronik (BSrE) dan Badan Siber dan sandi Negara (BSSN).

Sebelumnya telah ada Perjanjian Kerja Sama (PKS) pemanfaatan sertifikat elektronik untuk pengamanan informasi pemerintah daerah, antara Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara dengan pemerintah Provinsi Gorontalo.

Hasil dari kerja sama itu adalah diluncurkannya aplikasi penandatanganan elektronik “Pali lo Uluu” sebagai sarana untuk menandatangani dokumen elektronik.

“Untuk itu diperlukan penerbitan sertifikat elektronik [fail P12] kepada masing-masing pejabat tinggi pratama, pejabat administrator, dan pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo,” katanya, dikutip dari siaran pers, Kamis (8/8/2019).

Dia mengharapkan penerbitan sertifikat ini dapat memacu penerbitan sertifikat elektronik masing-masing pejabat tinggi pratama, pejabat administrator, dan pejabat pengawas. Selain itu, dia mengharapkan aplikasi Pali lo Uluu dapat digunakan dalam penandatanganan dokumen secara elektronik.

Secara umum, dia mengharapkan langka dari Pemprov Gorontalo ini akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih efisien.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi informasi
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top