Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bapppeda Gorontalo Petakan Persoalan Sampah di Danau Limboto

Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo tengah memetakan dan mencari solusi atas persoalan sampah di danau Limboto.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 07 Agustus 2019  |  20:30 WIB
Danau Limboto di Provinsi Gorontalo dipenuhi enceng gondok. - Bisnis Indonesia/Yanita Petriella
Danau Limboto di Provinsi Gorontalo dipenuhi enceng gondok. - Bisnis Indonesia/Yanita Petriella

Bisnis.com, MANADO – Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo tengah memetakan dan mencari solusi atas persoalan sampah di danau Limboto.

Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Gorontalo Wahab Otaya menyampaikan bahwa Danau Limboto merupakan salah satu dari 15 danau kritis di Indonesia.

Danau Limboto menerima sampah, baik yang dibawa oleh aliran sungai yang bermuara ke danau maupun buangan dari masyarakat di sempadan danau.

“Sampah dan limbah rumah tangga  telah menjadi masalah di daerah ini, belum lagi sampah dan limbah yang berasal dari aktivitas budidaya ikan tawar yang dilakukan oleh masyarakat,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Rabu (7/8/2109).

Dia menuturkan, Pemprov Gorontalo tengah berupaya memetakan secara detail permasalahan terkait pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga di Danau Limboto melalui gelaran diskusi publik.

Hal ini juga dilakukan untuk mengevaluasi langkah praktis yang telah dilakukan oleh para pihak dalam rangka pengelolaan sampah di sana.

“Untuk selanjutnya hasil diskusi ini dirumuskan sebagai rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti sebagai salah satu cara untuk mencapai tujuan ke 12  dalam SDGs [Sustainable Development Goals],” tuturnya.

Pemprov Gorontalo menggelar diskusi bersama Tim JICA, salah satu mitra pembangunan pemerintah yang juga memberikan dukungan berupa pandangan dan masukkan secara komprehensif.

Diskusi itu juga melibatkan para akademisi, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Gorontalo, Organisasi masyarakat yang memiliki perhatian besar terhadap persoalan itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sampah gorontalo danau limboto
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top