Proyek Apartemen 31 Sudirman Suites di Makassar Gandeng Tiga Bank

Proyek apartemen 31 Sudriman Suites di Makassar mulai digodok oleh PT Indonesian Paradise Property Tbk. Untuk memudahkan pembiayaan bagi para konsumen, PT Indonesian Paradise Property menggandeng perbankan.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 31 Juli 2019  |  20:31 WIB
Proyek Apartemen 31 Sudirman Suites di Makassar Gandeng Tiga Bank
Chief Corporate Finance & Direktur PT Indonesian Paradise Property Tbk, Diana Solaiman menandatangani perjanjian kerja sama denganVice President of Consumer Banking BNI Wilayah Makassar, Hadi Santoso, Rabu (31/7 - 2019)

Bisnis.com, MAKASSAR -- Proyek apartemen 31 Sudriman Suites di Makassar mulai digodok oleh PT Indonesian Paradise Property Tbk. Untuk memudahkan pembiayaan bagi para konsumen, PT Indonesian Paradise Property menggandeng perbankan. 

Chief Corporate Finance & Direktur PT Indonesian Paradise Property Tbk, Diana Solaiman mengatakan, bersama anak grupnya PT Rifai Maju Properti, perusahaan meneken sejumlah kesepakatan dengan tiga bank. 

"Ketga bank itu d antaranya, China Construction Bank Indonesia (CCBI) untuk kredit konstruksi, Bank UOB dan BNI yang keduanya khusus menggarap kredit pemilikan apartemen (KPA)," ungkap Diana usai penandatanganan kerja sama di Hotel Four Points by Sheraton, Rabu (31/7/2019)

Investasi pembangunan apartemen yang menyasar klas high ini memang menelan dana cukup besar. Total investasi yang disiapkan pengembangan yaitu sebesar Rp634 miliar. Karenanya selain mengandalkan kas perseroan, pihaknya juga mendapat suntikan pembiayaan perbankan.

Diana menyebut, total pinjaman dari perbankan mencapai Rp278 miliar untuk konstruksi. Sisanya merupakan pendanaan mandiri perusahaan. Adapun untuk pengelolaan, PT Indonesian Paradise Property menggandeng operator ternama, Jones Lang LaSalle (JLL).

"Tenor pinjaman ini selama 10 tahun. Ada grace period selama 36 bulan karena konstruksinya memakan waktu 36 bulan. Serah terima dilakukan pada Maret 2022 nanti," terang Diana.

Wakil Presiden Komisaris PT Indonesian Paradise Property Tbk, Agoes Soelistyo Santoso menambahkan, saat ini di Makassar total ada sekitar 2.400 unit apartemen yang ditawarkan. Namun, pihaknya berani memilih segmen premium agar berbeda. 

Sesuai survei yang dilakukan, hal itu terjawab dengan 37 unit yang laris pada tahap awal penjualan. Yang mana penjualan tersebut dominan dari unit private suites seharga Rp4 miliar dan menggunakan privat lift.

"Kami optimistis hunian anyar ini akan menjadi kebanggan. Apalagi dibangun menyatu berdampingan dengan Hotel Hyatt Place Makassar. Hotel jaringan internasional ternama yang dikenal dengan pelayanan premium dan berkelas," kata Agus. 

Secara total, PT Indonesian Paradise Property menyiapkan 256 unit suites yang terdiri dari 46 unit private suite, 20 unit bedroom premier suites, dan 190 unit bedroom suites. Adapun range harga yang ditawarkan yakni Rp2,1 miliar hingga Rp4,8 miliar.

Vice President of Consumer Banking BNI Wilayah Makassar, Hadi Santoso menerangkan, pasar hunian vertikal di Makassar belakangan mulai menggeliat. BNI sendiri sebelumnya sudah membiayai sejumlah pengajuan KPA untuk apartemen yang dibangun di sekitaran kawasan Panakkukang. 

"Untuk kelas apartemen di Makassar kami bukan pemain baru. Karena itu kami akan mempermudah administrasinya nanti. Apalagi ini apartemen mewah bermain di high end dan calon pembelinya sudah cukup banyak," jelasnya.

Khusus BNI, Hadi menyebut ada produk KPA yang bersaing. Tenornya beragam sesuai skim l,  bahkan bisa sampai 25 tahun dengan bunga mulai 6,75%. Ia mengatakan, calon user sisa menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhannya.

"Target kami khusus di 31 Sudirman Suites bisa membiayai minimal 50 persen unit. Berbagi karena hanya ada dua bank penyalur KPA yang kerja sama. Dan kami BNI siap support pengembang-pengembang apartemen di Makassar," terang Hadi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
apartemen, makassar

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top