Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dekranasda Gorontalo Dorong Diversifikasi Produk

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo mendorong para pengrajin di Gorontalo untuk mendiversifikasi produk kerajinan.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 29 Juli 2019  |  19:24 WIB
Seorang pengrajin menyulam kain Karawo di Desa Mongolato, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (24/7/2019). - Antara/Adiwinata Solihin
Seorang pengrajin menyulam kain Karawo di Desa Mongolato, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (24/7/2019). - Antara/Adiwinata Solihin

Bisnis.com, MANADO – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo mendorong para pengrajin di Gorontalo untuk mendiversifikasi produk kerajinan.

Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Idah Syahidah menyampaikan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) cukup beragam dan umumnya dikelola oleh perempuan. Dia mengharapkan pelaku usaha dapat lebih kreatif dalam menghasilkan produk berkualitas dan bernilai jual tinggi.

“Pada dasarnya perempuan itu harus melakukan semuanya. Perempuan itu harus berinfomasi, harus cermat, harus cerdas, dan harus hemat, apalagi kaum ibu tentu harus lebih kreatif. Untuk itu, diperlukan pelatihan-pelatihan seperti yang dilaksanakan pada hari ini,” kata Idah.

Dia menambahkan berbagai produk yang dihasilkan bisa memperoleh perhatian penuh dari pemerintah daerah selama produk tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku. Menurutnya, sektor kerajinan sangat penting dan strategis untuk kemajuan ekonomi rakyat.

“Kerajinan produk seperti ini perlu digali, dilestarikan, dibina dan didorong pertumbuhan serta perkembangannya. Untuknya mengapa melalui LPP Sweet Media, kami membina kaum ibu-ibu untuk bisa menciptakan berbagai produk hasil olahan dari berbagai macam bahan bekas yang selanjutya kami pasarkan,” jelasnya.

Diskrenda Gorontalo mengadakan pelatihan untuk pelaku UMKM pada Senin -  Selasa (29 - 30/7/2019). Pelatihan diversifikasi produk kerajinan daerah ini dihadiri sedikitnya 25 orang peserta. Berbagai produk ditampilkan dalam pelatihan tersebut seperti, olahan makanan, bunga, kipas, asbak, dan tempat tisu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gorontalo dekranasda
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top